Waspadai Invasi China ke Taiwan, AS Rombak Komanda Militer di Jepang

Minggu, 28 Juli 2024 - 19:15 WIB
AS sangat mewaspadai ancaman invasi China ke Taiwan. Foto/EPA
TOKYO - Amerika Serikat mengatakan pada Minggu (28/7/2024) bahwa mereka akan merombak komando militernya di Jepang untuk memperdalam koordinasi dengan pasukan sekutunya. Pasalnya, Jepang dan AS itu menyebut China sebagai "tantangan strategis terbesar" yang dihadapi kawasan tersebut.

Pengumuman tersebut menyusul pembicaraan keamanan di Tokyo antara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin serta mitra mereka dari Jepang, Yoko Kamikawa dan Minoru Kihara.

"Markas besar pasukan gabungan" yang baru akan memfasilitasi interoperabilitas yang lebih dalam dengan angkatan bersenjata Jepang dan bertujuan untuk dilaksanakan secara paralel dengan rencana Tokyo sendiri untuk membentuk komando gabungan guna mengawasi pasukannya pada bulan Maret, menurut pernyataan yang dikeluarkan setelah pembicaraan "2+2".



Peningkatan komando AS di Jepang adalah "salah satu perkembangan paling signifikan dalam sejarah aliansi kita", kata Austin kepada wartawan sebelum pembicaraan dimulai, dilansir Reuters.

Perombakan tersebut merupakan salah satu dari beberapa langkah yang diambil untuk mengatasi apa yang disebut kedua negara sebagai "lingkungan keamanan yang terus berkembang", dengan memperhatikan berbagai ancaman dari negara adikuasa Tiongkok.

"Kami terus melihat RRC (Republik Rakyat China ) terlibat dalam perilaku koersif dan mencoba mengubah status quo di Laut China Timur dan Selatan, di sekitar Taiwan dan di seluruh kawasan," kata Austin.

Pernyataan tersebut mengkritik apa yang disebutnya sebagai tindakan maritim "provokatif" Beijing, latihan militer gabungan dengan Rusia dan perluasan cepat persenjataan nuklirnya.

Kementerian luar negeri China tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

"Kebijakan luar negeri Beijing berupaya membentuk kembali tatanan internasional untuk keuntungannya sendiri dengan mengorbankan orang lain," kata para menteri dalam pernyataan mereka.

"Perilaku seperti itu merupakan perhatian serius bagi Aliansi dan seluruh komunitas internasional dan merupakan tantangan strategis terbesar di kawasan Indo-Pasifik dan sekitarnya".

Untuk pertama kalinya, para menteri juga membahas "pencegahan yang diperluas", istilah yang digunakan untuk menggambarkan komitmen AS untuk menggunakan kekuatan nuklirnya guna mencegah serangan terhadap sekutu.

Ini merupakan topik yang sensitif di Jepang, yang telah mendorong nonproliferasi senjata nuklir dan merupakan satu-satunya negara yang pernah mengalami serangan bom atom.

Menurut pernyataan resmi yang kurang rinci, kedua negara membahas penguatan pencegahan yang diperluas untuk meningkatkan stabilitas regional dan mencegah pecahnya konflik.

"Kita berada di titik kritis. Untuk benar-benar mempertahankan tatanan internasional yang ada, kita perlu terus memperkuat aliansi kita dan meningkatkan pencegahan – kekuatan," kata Kamikawa dari Jepang kepada wartawan di awal pembicaraan.

Jepang menyediakan pangkalan bagi AS untuk memproyeksikan kekuatan militer di Asia, menampung 54.000 tentara Amerika, ratusan pesawat AS, dan satu-satunya kelompok penyerang kapal induk Washington yang dikerahkan ke garis depan.

Didorong oleh kekuatan militer China yang semakin meningkat dan uji coba rudal rutin oleh Korea Utara yang bersenjata nuklir, Jepang dalam beberapa tahun terakhir telah bergeser secara dramatis dari pasifisme pascaperang selama beberapa dekade. Pada tahun 2022, Jepang meluncurkan rencana untuk menggandakan anggaran pertahanan menjadi 2% dari produk domestik bruto.

Komando AS yang baru di Jepang akan dipimpin oleh seorang jenderal bintang tiga, bukan pangkat bintang empat yang diminta Jepang, seorang pejabat AS mengatakan dalam sebuah pengarahan menjelang pembicaraan. Pernyataan tersebut tidak merujuk pada hal ini.

Sekutu juga menyatakan kekhawatiran yang mendalam tentang pengadaan rudal balistik Rusia dari Korea Utara untuk membantu perangnya di Ukraina dan potensi Moskow untuk mentransfer senjata pemusnah massal atau teknologi terkait rudal ke Pyongyang.



Korea Utara telah bersumpah untuk "menghancurkan sepenuhnya" musuh-musuhnya jika terjadi perang, media pemerintah Korea Utara KCNA melaporkan pada hari Minggu. Austin dan Kihara juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Korea Selatan Shin Won-sik, menandatangani perjanjian untuk "melembagakan" kerja sama trilateral melalui upaya-upaya seperti berbagi data peringatan rudal Korea Utara secara langsung dan latihan militer bersama.

Pemerintahan Biden telah mendorong kerja sama yang lebih dalam antara Tokyo dan Seoul, yang hubungannya tegang sejak pendudukan Jepang di Korea tahun 1910-1945.

"Memorandum ini memperkuat kerja sama antara Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan, menjadikan kemitraan kita tak tergoyahkan, tidak peduli bagaimana situasi internasional berubah," kata Kihara kepada wartawan setelah pertemuan trilateral.

Washington juga ingin memanfaatkan industri Jepang untuk membantu meredakan tekanan pada pembuat senjata AS yang tertekan oleh permintaan yang ditimbulkan oleh konflik di Ukraina dan Timur Tengah.

Tokyo dan Washington tengah mengupayakan berbagai kolaborasi di bidang ini, termasuk memajukan upaya produksi bersama rudal serta membangun ketahanan rantai pasokan dan memfasilitasi perbaikan kapal dan pesawat.

Namun, satu proyek utama - rencana untuk menggunakan pabrik-pabrik Jepang guna meningkatkan produksi rudal pertahanan udara Patriot - tertunda karena kekurangan komponen penting yang diproduksi oleh Boeing, Reuters melaporkan bulan ini.

Setelah meninggalkan Tokyo, Blinken dan Austin akan mengadakan pembicaraan keamanan dengan sekutu Asia lainnya, Filipina, karena pemerintahan Biden berupaya melawan China yang semakin berani. Blinken bertemu dengan mitranya dari China Wang Yi di Laos pada hari Sabtu dan mengulangi bahwa Washington dan mitranya ingin mempertahankan "Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," menurut pernyataan AS mengenai pertemuan tersebut.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More