Antisipasi Perang dengan Rusia, 7 Negara-negara Eropa Mulai Laksanakan Wajib Militer

Kamis, 25 Juli 2024 - 21:45 WIB
“Finlandia adalah contoh yang baik” karena pasukan cadangannya dapat diintegrasikan ke dalam pasukan aktif yang sangat kecil, kata Hamilton, dari Foreign Policy Research Institute. Secara historis, jelasnya, Finlandia “terjepit” di antara NATO dan Uni Soviet, tidak bersekutu dengan keduanya, sehingga harus mampu mempertahankan diri sendiri.

7. Swedia



Foto/EPA

Swedia, yang kini menerapkan wajib militer juga netral gender, merekrut sekitar 7.000 orang pada tahun 2024. Jumlah tersebut akan meningkat menjadi 8.000 pada tahun 2025, menurut Angkatan Bersenjata Swedia.

Sejak dimulainya perang di Ukraina, “apa yang kami lihat adalah pengetahuan dan sikap telah berubah,” katanya.

“Swedia telah menerapkan wajib militer sejak tahun 1901, jadi ini benar-benar merupakan bagian dari budaya kami,” kata Marinette Nyh Radebo, manajer komunikasi di lembaga yang membantu melakukan tes rekrutmen dan melapor ke Kementerian Pertahanan.

“Saat wajib militer diaktifkan kembali, awalnya kami bilang wajib militer itu bagus untuk CV, untuk melamar pekerjaan baru misalnya,” kata Radebo. “Tetapi hari ini komunikasi kami lebih seperti, ini adalah tugas yang harus Anda lakukan untuk Swedia.”
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More