Joe Biden Mundur dari Pilpres AS, Dukung Kamala Harris sebagai Capres Partai Demokrat

Senin, 22 Juli 2024 - 07:38 WIB
Presiden Joe Biden mundur dari Pilpres AS dan mendukung Wapres Kamala Harris untuk menjadi capres dari Partai Demokrat. Foto/REUTERS
WASHINGTON - Presiden Joe Biden telah mengundurkan diri sebagai calon presiden (capres) dari Partai Demokrat untuk pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) 2024. Dia mendukung Wakil Presiden (wapres) Kamala Harris untuk menjadi capres partai tersebut.

“Rekan-rekan Demokrat, saya telah memutuskan untuk tidak menerima pencalonan tersebut dan memfokuskan seluruh energi saya pada tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya,” tulis Biden di X.

“Keputusan pertama saya sebagai calon dari partai tersebut di tahun 2020 adalah memilih Kamala Harris sebagai Wakil Presiden saya. Dan itu adalah keputusan terbaik yang pernah saya buat," lanjut Biden, seperti dikutip The Hill, Senin (22/7/2024).





“Hari ini saya ingin memberikan dukungan dan dukungan penuh agar Kamala menjadi calon presiden partai kita tahun ini. Demokrat—inilah waktunya untuk bersatu dan mengalahkan Trump. Ayo lakukan ini,” imbuh Biden.

Keputusan Biden untuk mendukung wakil presidennya memberi Kamala Harris keunggulan yang jelas untuk menggantikan Biden pada bulan November.

Harris mengatakan bahwa dia merasa terhormat menerima dukungan dari Biden dan bahwa dia bermaksud untuk “mendapatkan dan memenangkan” nominasi presiden dari Partai Demokrat.

Harris dan Biden berbicara beberapa kali pada hari Minggu menjelang pengumuman presiden untuk mundur dari pilpres AS, kata sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada The Hill.

Beberapa jam setelah Biden mengumumkan pengunduran dirinya, banyak anggota Parlemen dari Partai Demokrat mengatakan mereka mendukung Harris untuk menggantikannya sebagai kandidat presiden.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More