Kamala Harris Gelar Penggalangan Dana saat Biden Didesak Mundur dari Pencapresan

Minggu, 21 Juli 2024 - 16:55 WIB
Kamala Harris mendapatkan dukungan untuk maju menggantikan Joe Biden dalam pilpres AS. Foto/AP
WASHINGTON - Wakil Presiden AS Kamala Harris mengajukan tuntutan untuk terpilihnya kembali Presiden Joe Biden pada penggalangan dana di Massachusetts pada hari Sabtu meskipun ada tekanan terus-menerus dari rekan-rekan Demokrat dan donor besar mencari akhir dari kampanyenya yang rusak.

“Kami akan memenangkan pemilu ini,” kata Harris, dilansir Reuters. “Ini tidak akan mudah, namun kami adalah sekelompok orang yang memahami bahwa segala sesuatu yang berharga membutuhkan kerja keras.”

Meski ia menyinggung gejolak yang melanda pencalonan Biden sejak kinerja debat yang buruk bulan lalu, Harris tidak merujuk pada seruan agar Biden mundur dari pemilu 2024.



Penggalangan dana tersebut menarik 1.000 orang dan mengumpulkan lebih dari $2 juta, menurut pembawa acaranya, perencana pernikahan selebriti Bryan Rafanelli. Selebriti dan penyanyi termasuk Jennifer Coolidge, Billy Porter dan Darren Criss akan hadir.

Biden dan para pembantunya pada hari Jumat berjanji untuk melanjutkan kampanye kepresidenannya melawan kandidat Partai Republik Donald Trump, bahkan ketika negara-negara donor utama mengisyaratkan mereka tidak mau membuka buku cek mereka kecuali presiden berusia 81 tahun itu mundur.

Krisis kepercayaan terhadap kemampuan Biden untuk memenangkan pemilu pada 5 November telah memberikan sorotan besar pada Harris, yang diyakini secara luas sebagai calon penggantinya jika dia mundur.

Acara penggalangan dana yang dilakukan Harris semakin menarik minat para donor yang ingin memberi isyarat bahwa mereka bersedia bersatu dalam upaya calon Harris untuk menduduki Gedung Putih, menurut tiga penggalangan dana dari Partai Demokrat.

Pada hari Sabtu di Provincetown, Harris mengecam ekstremisme dan intoleransi yang menurutnya menandai visi Trump untuk Amerika.



“Saat ini di negara kita kebebasan tersebut sedang diserang sepenuhnya,” katanya. “Penganut supremasi kulit putih muncul di festival kebanggaan dengan membawa senjata serbu. … Kami melihat ekstremis mengobarkan api kebencian dan homofobia demi keuntungan politik.”

"Tangkap dia Kamala!" seseorang berteriak, menimbulkan gelombang sorak-sorai.

Ketika spekulasi berkembang bahwa Harris mungkin akan segera menggantikan Biden sebagai kandidat dari Partai Demokrat, dia menawarkan dukungan penuh agar Harris tetap ikut dalam pencalonan.

“Dia berjuang untuk rakyat Amerika,” katanya pada hari Sabtu.

Tiga puluh lima anggota Kongres dari Partai Demokrat, yang mewakili lebih dari 10% anggota partai tersebut di Kongres, kini secara terbuka meminta Biden, yang menjalani isolasi di rumahnya di Delaware karena COVID-19, untuk keluar dari jabatannya setelah debat melawan Trump pada tanggal 27 Juni.

Perdebatan tersebut menimbulkan kekhawatiran serius di dalam partai mengenai kemampuan Biden untuk memenangkan pemilu atau menjalankan tugasnya selama empat tahun ke depan.

Dokter Biden mengatakan pada hari Sabtu bahwa presiden masih mengalami gejala COVID-19 ringan tetapi terus membaik.

Tim kampanye Biden berharap dapat mengumpulkan sekitar $50 juta dalam bentuk donasi dalam jumlah besar pada bulan Juli untuk Biden Victory Fund, namun berada pada jalur yang tepat untuk mengumpulkan kurang dari setengah jumlah tersebut pada hari Jumat, menurut dua sumber yang mengetahui upaya penggalangan dana tersebut.

Kampanye tersebut menyebut laporan mengenai penurunan penggalangan dana pada bulan Juli terlalu berlebihan, dan menyatakan bahwa mereka mengantisipasi penurunan donasi dalam jumlah besar karena liburan. Dikatakan kampanye tersebut masih memiliki 10 penggalangan dana pada jadwal bulan ini.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More