5 Negara yang Menerima Bantuan Luar Negeri Terbanyak dari AS, Nomor 2 Anggota ASEAN

Senin, 15 Juli 2024 - 21:21 WIB
Setelah konflik selama dua dekade yang merenggut jutaan nyawa orang Vietnam dan sekitar 58.000 orang Amerika, Vietnam adalah penerima dukungan keuangan terbesar kedua di Washington.

Uang ini digunakan untuk kerja sama ekonomi dan teknologi, dukungan militer, dan bahkan untuk membantu upaya pembersihan dari penggunaan Agen Oranye oleh militer AS di Vietnam selama perang.

3. Mesir



Foto/Reuters

Sejak tahun 1975, Mesir telah menjadi penerima bantuan luar negeri dalam jumlah besar dari Amerika Serikat, terutama sebagai bagian dari upaya diplomatik untuk mengurangi ketegangan dalam konteks Arab-Israel.

4. Afghanistan

Pada tahun 2021, AS mengarahkan bantuannya kepada negara-negara yang sedang bergulat dengan konflik internal dan krisis kemanusiaan.

Setelah penarikan pasukan Amerika pada tahun yang sama, Afghanistan muncul sebagai penerima utama bantuan besar, menerima miliaran dolar setiap tahunnya sebagai bagian dari respons kemanusiaan.

5. Korea Selatan

Melansir Kdevelopedia, di bawah bendera PBB, Korea menerima bantuan multilateral sebesar US$457 juta, yang sebagian besarnya berasal dari Amerika Serikat, sebagai bagian dari upaya bantuan pada masa perang. Program pertolongan dan bantuan yang dikelola militer diselenggarakan di bawah PBB dan program bantuan sipil. Yang paling menonjol adalah Civil Relief in Korea (CRIK) yang didirikan.

Sebagian besar bantuan tersebut digunakan untuk bahan makanan, tekstil dan pakaian, masing-masing mewakili 40% dan 24% dari total bantuan. Upaya bantuan PBB sangat penting dalam mencegah meluasnya kelaparan dan penyakit.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More