China Terus Tingkatkan Kekuatan Antariksa untuk Kalahkan AS

Senin, 08 Juli 2024 - 15:02 WIB
Sementara itu, pada Oktober 2021, Financial Times melaporkan uji coba rahasia oleh China terhadap rudal hipersonik berkemampuan nuklir yang mengitari Bumi sebelum menuju sasarannya. Uji coba ini, yang kabarnya mengejutkan intelijen AS, menggarisbawahi kemajuan substansial China dalam teknologi hipersonik. Rudal itu dilaporkan meleset dari targetnya hanya sejauh 38 kilometer.

Financial Times menyoroti kesulitan dalam melacak kendaraan luncur hipersonik karena kemampuan manuver dan lintasannya yang lebih rendah, sehingga menjadikannya ancaman potensial bagi pertahanan rudal AS.

Di tengah meningkatnya ketegangan AS-China dan tindakan militer China di dekat Taiwan, Washington menyuarakan kekhawatiran atas meningkatnya kecakapan militer Beijing, dengan menyebutnya sebagai sumber ketidakstabilan regional dan global.

Sebaliknya, China tidak membesar-besarkan uji coba rudal hipersonik tersebut, dengan menggambarkannya sebagai tes kendaraan antariksa standar untuk dapat digunakan kembali.

AS vs China



China memiliki kemampuan strategis untuk menempatkan pasukan antariksanya terlebih dahulu untuk operasi ofensif yang potensial, meluncurkan dan mengarahkan aset ruang angkasa untuk menciptakan persepsi ancaman yang akan segera terjadi, yang menyebabkan musuh menilai kembali tindakan mereka.

Artikel Sam Bresnick pada Agustus 2023 di Breaking Defence menggarisbawahi percepatan ekspansi China di sektor antariksa, dengan peningkatan nyata dalam peluncuran satelit dalam lima tahun terakhir, yang memposisikannya sebagai kekuatan antariksa terbesar kedua di dunia setelah AS.

Bresnick menekankan bahwa satelit-satelit ini, yang sekarang menjadi bagian dari doktrin militer PLA, telah meningkatkan kemampuan dalam navigasi, pengawasan, komunikasi, dan sistem peringatan rudal.

Dia selanjutnya menyatakan bahwa penekanan China pada ketahanan satelit, yang dicapai melalui proliferasi, orbit yang beragam, dan kemampuan peluncuran cepat, telah membangun infrastruktur antariksa yang kokoh, mungkin lebih tangguh daripada AS.

Selain itu, Bresnick juga menggarisbawahi bahwa kemampuan peluncuran ruang angkasa yang responsif secara taktis (TRSL) China kini melampaui kemampuan AS, yang menekankan urgensi bagi AS untuk meningkatkan kemampuan peluncuran cepatnya guna mempertahankan keunggulan strategis di ruang angkasa.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More