5 Dampak Perang Hizbullah dan Israel bagi Lebanon, Salah Satunya Konflik Sektarian Antar Kelompok

Kamis, 04 Juli 2024 - 14:20 WIB
“Banyak pemimpin Kristen yang menentang keputusan Hizbullah untuk membuka front melawan Israel,” katanya, seraya menambahkan bahwa maksud tambahannya mungkin “untuk menunjukkan bahwa tidak seluruh Lebanon berada di belakang Hizbullah dengan harapan dapat menyelamatkan wilayah mereka dari perang terburuk. dengan Israel”.

Pihak lain setuju bahwa Hizbullah seharusnya tidak mengambil keputusan “sepihak”.

“Hizbullah dengan jelas menyatakan bahwa mereka telah membuka front [di Lebanon selatan] untuk mendukung Hamas melawan invasi Israel. Namun sebagai warga negara Lebanon… Hizbullah tidak berkonsultasi dengan siapa pun ketika mengambil keputusan ini,” kata Doumit Azzi, seorang aktivis hak asasi manusia Kristen Lebanon.

4. Intervensi Iran Makin Kencang



Foto/AP

Azzi yakin Hizbullah adalah bagian dari rezim Iran dan merujuk pada campur tangan kelompok tersebut dalam perang saudara di Suriah untuk mendukung Presiden Bashar al-Assad melawan pemberontakan.

“Situasinya [di Lebanon] tidak hitam dan putih. Saya tidak akan mendukung proyek kolonial Israel atau imperialisme lain yang telah melakukan kekejaman di Suriah selama pemberontakan,” kata Azzi kepada Al Jazeera.

5. Hizbullah Tetap Populer



Foto/AP

Yang lain memandang Hizbullah sebagai kelompok perlawanan akar rumput yang membebaskan Lebanon selatan dari pendudukan Israel selama 18 tahun pada tahun 2000.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More