AS dan China Gelar Perundingan Nuklir, Apa Saja yang Dibahas?

Sabtu, 22 Juni 2024 - 16:19 WIB


Anggota delegasi China dan kementerian pertahanan Beijing tidak menanggapi permintaan komentar.

Diskusi informal antara negara-negara yang memiliki senjata nuklir terjadi ketika AS dan Tiongkok berselisih mengenai isu-isu utama ekonomi dan geopolitik, dengan para pemimpin di Washington dan Beijing saling menuduh satu sama lain melakukan transaksi dengan itikad buruk.

Kedua negara sempat melanjutkan perundingan Jalur Satu mengenai senjata nuklir pada bulan November namun perundingan tersebut terhenti, dan seorang pejabat tinggi AS secara terbuka menyatakan rasa frustrasinya atas sikap tanggap China.

Pentagon, yang memperkirakan bahwa persenjataan nuklir Beijing meningkat lebih dari 20% antara tahun 2021 dan 2023, mengatakan pada bulan Oktober bahwa Tiongkok “juga akan mempertimbangkan penggunaan nuklir untuk memulihkan pencegahan jika kekalahan militer konvensional di Taiwan” mengancam kekuasaan Partai Komunis Tiongkok.

China tidak pernah berhenti menggunakan kekuatan untuk menjadikan Taiwan berada di bawah kendalinya dan selama empat tahun terakhir telah meningkatkan aktivitas militer di sekitar pulau tersebut.

Pembicaraan Jalur Dua adalah bagian dari dialog senjata nuklir dan postur selama dua dekade yang terhenti setelah pemerintahan Trump menarik dana pada tahun 2019.

Setelah pandemi COVID-19, diskusi semi-resmi dilanjutkan mengenai masalah keamanan dan energi yang lebih luas, namun hanya pertemuan Shanghai yang membahas secara rinci mengenai senjata nuklir dan posturnya.

Santoro, yang menjalankan wadah pemikir Forum Pasifik yang berbasis di Hawaii, menggambarkan “frustrasi” di kedua belah pihak selama diskusi terakhir namun mengatakan kedua delegasi melihat alasan untuk terus melakukan pembicaraan. Lebih banyak diskusi sedang direncanakan pada tahun 2025, katanya.

Analis kebijakan nuklir William Alberque dari lembaga pemikir Henry Stimson Center, yang tidak terlibat dalam diskusi pada bulan Maret, mengatakan negosiasi Jalur Dua berguna pada saat hubungan AS-Tiongkok sedang tidak menentu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More