Unjuk Kekuatan, KRI REM-33 Kebanggaan Angkatan Laut Indonesia Berlayar ke Hawaii

Jum'at, 21 Juni 2024 - 21:25 WIB
Sebab, mereka mengetahui sedang mengoperasikan kapal perang tercanggih di Indonesia, yang diberi nama sesuai dengan Pahlawan Nasional Indonesia Laksamana Raden Eddy Martadinata.

KRI REM-331 dan para awaknya akan mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan menunjukkan fregat yang dilengkapi sistem persenjataan Angkatan Laut tercanggih kepada Angkatan Laut 29 negara yang terlibat dalam RIMPAC dan kepada dunia.

Pembangunan KRI REM-331, dan kapal sistership lainnya; KRI GNR-332, merupakan kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi industri pembuatan kapal Angkatan Laut Indonesia.

Proses tersebut menghasilkan transfer teknologi (ToT) dan pengetahuan yang nyata kepada PT PAL Indonesia dan industri maritim Indonesia secara luas.

Damen Naval merupakan satu-satunya Original Equipment Produsen (OEM) asing yang pernah membangun dua kapal fregat bersama PT PAL di Indonesia.

Damen Naval adalah mitra lama dan bersejarah TNI-AL, yang telah mengirimkan empat kapal korvet peluru kendali kelas Diponegoro sebelum fregat PKR.

Kapal korvet Diponegoro memiliki spesifikasi panjang 90,71 meter, lebar 13,02 meter serta bobot 1.700 ton. Sedangkan dua fregat PKR REM-331 dan GNR-332 memiliki spesifkasi panjang 105 meter, lebar 14 meter dan bobot 2.365 ton.

Ketiganya menjadi kapal kebanggaan TNI-AL dan terus berkontribusi mewujudkan ambisi dan proyeksi kekuatan Angkatan Laut Indonesia dalam mempertahankan kepulauan terbesar di dunia.

“Damen Naval sangat bangga dapat menjadi mitra jangka panjang bagi TNI-AL. Kolaborasi yang sukses dalam pembangunan KRI REM-331 dan KRI GNR-332 adalah bukti komitmen kami terhadap transfer teknologi dan pengembangan kapabilitas maritim Indonesia. Kami berharap kerja sama ini akan terus berkembang dan semakin kuat di masa depan,” kata Patrick van der Heiden, Commercial Manager Damen Naval, Jumat (21/6/2024).

“Dengan dukungan Damen Naval, TNI-AL akan semakin siap dalam menghadapi tantangan maritim global. Bersama, kita akan mewujudkan ambisi maritim Indonesia dan memperkuat posisi Angkatan Laut Indonesia di kancah internasional,” lanjut Patrick van der Heiden.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More