Militer Komunis Klaim Rudal Naga Api China Mampu Tenggelamkan Kapal Perang AS

Jum'at, 21 Juni 2024 - 10:15 WIB
Rudal Naga Api 480 China yang diklaim mampu tenggelamkan kapal perang Amerika Serikat. Foto/Janes/Kelvin Wong
BEIJING - Militer komunis Beijing mengeklaim rudal balistik taktis Fire Dragon 480 (Naga Api 480) China yang telah diekspor ke Timur Tengah mampu menenggelamkan kapal perang Amerika Serikat (AS) yang patroli di Laut Merah.

Klaim itu berdasarkan simulasi komputer yang dijalankan oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China.

Makalah hasil simulasi yang diterbitkan jurnal akademik Command Control & Simulation pada 15 Mei memaparkan bahwa dengan koordinasi yang erat antara segerombolan drone dan penerapan taktik baru, rata-rata dibutuhkan enam misil berpemandu jarak jauh untuk menghancurkan kapal perang besar AS.



Di Yaman, kelompok Houthi menargetkan kapal-kapal kargo di Laut Merah, tindakan yang menurut kelompok pro-Iran tersebut dimaksudkan untuk menghentikan pasokan senjata dan peralatan lainnya ke Israel selama invasi brutalnya di Gaza.



Kelompok Houthi telah menyerang sejumlah kapal kargo, termasuk sebuah kapal tanker milik China, dan akhir-akhir ini, target mereka diperluas hingga mencakup kelompok penyerang kapal induk AS yang ditempatkan di Laut Merah.

Houthi telah menggunakan beragam metode serangan, termasuk rudal balistik, drone, dan rudal jelajah anti-kapal.

Serangan-serangan ini telah memberikan tekanan besar pada para pelaut AS, namun Washington mengeklaim Angkatan Laut-nya tidak menderita kerugian signifikan.

Fire Dragon 480, rudal jarak jauh yang diproduksi khusus untuk ekspor oleh Norinco Group, dikenal luas sebagai rudal balistik taktis karena sensornya yang dipandu secara presisi, sehingga memungkinkannya menyerang sasaran bergerak dengan akurasi tinggi.

“Hulu ledaknya melebihi angka 400kg, jauh melebihi rudal anti-kapal konvensional. Selain itu, kecepatan tumbukannya melebihi 500 meter (1.640 kaki) per detik, memastikan bahwa kapal penjelajah seberat 10.000 ton akan hancur jika terkena hanya dua rudal ini,” tulis Li Jiangjiang, ilmuwan unit 92228 PLA, dalam makalah tersebut, seperti dikutip dari South China Morning Post, Jumat (21/6/2024).

Sejauh ini satu-satunya catatan ekspor senjata yang diungkapkan kepada publik adalah kesepakatan senilai USD245 juta dengan Uni Emirat Arab, yang bergabung dengan koalisi pimpinan Arab Saudi dalam perang melawan Houthi di Yaman pada 2015.

Secara umum diyakini bahwa jangkauan rudal Fire Dragon 480 mungkin dibatasi hingga 290 km (180 mil). Li menulis dalam makalahnya bahwa dalam penerapan praktis, jangkauan serangannya bisa melebihi 500 km.

Rudal ini dapat diluncurkan dari platform beroda seluler berkecepatan tinggi yang dirancang untuk tahan terhadap lingkungan yang keras, menjadikannya senjata yang relatif mudah dan hemat biaya.

Namun, ketika diadu dengan kapal perang Amerika yang dilengkapi dengan sistem pertahanan yang kuat, secara umum serangan semacam itu diasumsikan tidak akan efektif.

Kapal induk USS Dwight D Eisenhower dan kelompok pengawalnya sedang berpatroli di Laut Merah. Kelompok tersebut mencakup USS Philippine Sea, kapal penjelajah kelas Ticonderoga, jenis yang digunakan dalam simulasi PLA.

Menurut makalah Li, kapal tersebut dipersenjatai dengan dua sistem peluncuran vertikal Mk41, yang mampu menembakkan lebih dari 200 rudal pertahanan udara, termasuk Standard Missile-6 dan Sea Sparrow.

Dalam simulasi permainan perang militer tersebut, 12 rudal Fire Dragon 480 diluncurkan untuk menyerang dua kapal penjelajah kelas Ticonderoga.

Sebelum pertempuran terjadi, operator rudal memiliki akses terhadap citra satelit dengan presisi rendah, sehingga memungkinkan mereka membuat perkiraan kasar mengenai posisi kapal perang AS.

Setelah mencapai area target, rudal-rudal tersebut menembakkan sensor yang ada di dalamnya untuk mencari target dan menyempurnakan lintasannya.

Sebagai tanggapan, kapal penjelajah kelas Ticonderoga meluncurkan sejumlah rudal pertahanan udara dan mengaktifkan sistem senjata jarak dekat Phalanx.

Di antara rudal-rudal tersebut, Standard Missile-6, dengan jangkauan 240 km, mencapai tingkat serangan sebesar 71 persen, sedangkan rudal jarak pendek Sea Sparrow memiliki tingkat serangan sebesar 44 persen.

Saat asap hilang, salah satu kapal penjelajah tenggelam.

Dalam skenario alternatif, para ilmuwan mengganti hulu ledak delapan rudal dengan “swarm hulu ledak”, yang masing-masing menampung enam drone.

Ketika rudal-rudal yang dimodifikasi ini mendekati armada AS, mereka memperlambat kecepatan dan melepaskan muatan drone mereka. Tujuan dari kawanan drone ini adalah untuk mengalihkan daya tembak pertahanan udara kapal penjelajah dan memberikan koordinat target yang lebih tepat untuk serangan roket gelombang kedua.

“Setelah rudal jarak jauh menyelesaikan serangannya, gerombolan tersebut mulai melancarkan serangan langsung terhadap kapal musuh yang tersisa,” kata Li.

Setelah beberapa putaran simulasi, para ilmuwan memperkirakan bahwa tingkat kelangsungan hidup dua kapal penjelajah kelas Ticonderoga dengan taktik ini mendekati nol.

Menurut Li, drone yang digunakan untuk serangan gerombolan bisa dari jenis Switchblade 600 atau model serupa. Dengan radius operasional lebih dari 40 km, drone ini hemat biaya dan tersedia di pasar internasional.

Drone ini rentan terhadap sistem pertahanan dekat seperti Phalanx. Namun, jika diintegrasikan dengan roket jarak jauh, mereka menimbulkan ancaman signifikan bagi kapal perang, menurut Li.

Agar rudal Fire Dragon 480 dan taktik gerombolan drone yang menyertainya dapat mencapai potensi penuhnya, sistem peluncur misil jarak jauh China perlu menerima beberapa upgrade dan modifikasi teknologi, menurut penelitian tersebut.

Kemampuan anti-interferensi dan hubungan data heterogen antara rudal dan drone juga harus diperkuat untuk memenuhi tuntutan pertempuran sebenarnya.

Sementara itu, Amerika secara bertahap menonaktifkan kapal penjelajah kelas Ticonderoga demi menggantikan kapal yang lebih modern, dan kapal penjelajah terakhir akan dipensiunkan pada tahun 2027.
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More