Kapten Kapal Induk Eisenhower AS Respons Klaim Houthi: Kami Belum Tenggelam

Senin, 17 Juni 2024 - 14:06 WIB
loading...
Kapten Kapal Induk Eisenhower AS Respons Klaim Houthi: Kami Belum Tenggelam
Kapal induk Eisenhower AS yang diklaim Houthi telah diserang rudal. Foto/REUTERS
A A A
SANAA - USS Dwight D Eisenhower merupakan salah satu kapal induk tertua di Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), namun kapal ini masih terus bertempur—meski berulang kali ada klaim serangan rudal dari kelompok Houthi di Yaman.

Kelompok Houthi dan akun-akun online yang mendukung mereka berulang kali mengeklaim bahwa pasukan yang berbasis di Yaman tersebut telah menyerang atau bahkan menenggelamkan kapal induk tersebut di Laut Merah.

Kapal induk Eisenhower selam ini memimpin respons AS terhadap serangan Houthi yang menargetkan kapal komersial dan kapal perang di Laut Merah.

Hal ini menempatkan pemimpinnya, Kapten Christopher “Chowdah” Hill, dan profil media sosialnya secara langsung berada di garis depan internet yang semakin aneh seiring berjalannya kampanye militer.



Meskipun dia mengabaikan jabatannya, hal tersebut mewakili perang informasi tingkat baru yang harus dihadapi Angkatan Laut Amerika saat menghadapi pertempuran paling intens sejak Perang Dunia II dan berusaha menjaga moral hampir 5.000 personel di kapal Eisenhower.

“Saya kira sudah dua atau tiga kali dalam enam bulan terakhir kami dikira tenggelam, padahal kami belum pernah tenggelam,” kata Hill kepada The Associated Press saat berkunjung ke kapal induk tersebut baru-baru ini.

“Mereka mungkin mencoba menginspirasi diri mereka sendiri melalui informasi yang salah, tetapi hal itu tidak berhasil bagi kami.”

Kunjungan dua jurnalis AP dan lainnya ke kapal Eisenhower merupakan bagian dari upaya Angkatan Laut untuk mencoba melawan klaim Houthi.

Saat berada di kapal selama sekitar satu setengah hari, para jurnalis yang dikawal oleh para pelaut melintasi kapal bertenaga nuklir sepanjang 1.092 kaki (332 meter) itu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3470 seconds (0.1#10.140)
pixels