Menteri Swedia Tampil Bersahaja, Pulang-Pergi Kerja Naik Kereta Tanpa Pengawal

Kamis, 20 Juni 2024 - 20:45 WIB
Menteri Tenaga Kerja Swedia Ylva Johansson. Foto/x
STOCKHOLM - Seorang warga negara Swedia menunggu kereta untuk kembali ke rumah segera setelah pulang kerja. Dia membeli burger untuk makan malamnya. Dia makan burger di peron kereta.

Nama warga negara ini adalah Ylva Johansson dan jabatannya adalah Menteri Tenaga Kerja di Swedia.

Dia tidak punya konvoi mobil pengawal. Dia tidak punya barisan penjaga. Dia bahkan tidak punya pembantu atau ajudan.



Foto dia sedang makan di peron kereta pun viral pada 2 Januari 2024. Yang mengejutkan dari foto itu adalah politisi tersebut digambarkan sebagai seorang wanita biasa.

Dia juga tidak seperti yang ditampilkan para pejabat tinggi di negara-negara lain yang biasa dikawal ketat para penjaga.

Banyak pengguna internet bereaksi terhadap gambar tersebut ketika dibagikan di media sosial, dan mengungkapkan rasa terima kasih mereka atas upaya tersebut.

Menteri Tenaga Kerja Swedia itu terlihat sedang menikmati makanan di peron kereta api.

Dan dia tidak muncul seperti para pejabat tinggi, tapi dia melakukannya sebagai orang biasa, bukan sebagai pejabat tinggi yang mewakili negara, dan dia makan sambil menunggu kereta. Senyumnya tampak tulus dalam foto tersebut.

Swedia adalah negara kaya dan maju, namun mereka menunjukkan disiplin yang tinggi dalam penggunaan dana publik.



Johansson sebelumnya menjabat Menteri Sekolah dari tahun 1994 hingga 1998, Menteri Kesejahteraan dan Kesehatan Lansia dari tahun 2004 hingga 2006, dan Menteri Ketenagakerjaan dari tahun 2014 hingga 2019 di Pemerintah Swedia.

Dia adalah Anggota Parlemen dari tahun 1988 hingga 1991 dan dari tahun 2006 hingga 2019, keduanya mewakili Kota Stockholm.

Sejak 2019, Ylva Julia Margareta Johansson yang lahir pada 13 Februari 1964 itu menjabat sebagai Komisaris Eropa untuk Dalam Negeri.

Johansson dianggap sebagai salah satu menteri sosial paling sukses dalam sejarah. Selama masa jabatannya, dia mampu mengurangi pengangguran di negara tersebut secara signifikan.

Johansson memperoleh gelar Master of Science dalam bidang pengajaran dari Universitas Lund dan Institut Pendidikan Stockholm antara tahun 1983 dan 1992.

Dia bekerja sebagai guru matematika, fisika, dan kimia setelah lulus. Johansson terpilih menjadi anggota Riksdag untuk Partai Kiri-Komunis pada pemilihan umum 1988. Dia kemudian bergabung dengan Sosial Demokrat setelah meninggalkan Partai Republik.

Johansson menjabat sebagai guru dari tahun 1992 hingga 1994 sebelum diangkat menjadi Menteri Sekolah oleh Perdana Menteri Ingvar Carlsson.

Pada tahun 1998, dia dan Menteri Keuangan saat itu Erik Sbrink menyatakan keinginan mereka menceraikan pasangannya masing-masing dan “mengkonfirmasi secara terbuka bahwa kami sedang jatuh cinta.”

Johansson segera keluar dari pemerintahan. Dia bekerja di sektor swasta selama beberapa tahun berikutnya.

Johansson diangkat oleh Perdana Menteri Goran Persson ke posisi baru di kabinet pada tahun 2004, sebagai Menteri Kesehatan dan Perawatan Lansia, menggantikan Lars Engqvist.

Johansson memiliki dua anak dari pernikahan pertamanya dengan Bo Hammar dan seorang putra dari pernikahan keduanya dengan Erik Sbrink.

Dia adalah anggota kehormatan Hammarby IF, klub sepak bola Swedia.
(sya)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More