7 Motif Putin Berkunjung ke Vietnam, dari Diplomasi Bambu hingga Kemitraan Strategis

Kamis, 20 Juni 2024 - 18:18 WIB
Ada juga kesamaan sejarah dan tingkat simpati antara Vietnam dan Ukraina, yang juga merupakan bagian dari Uni Soviet, kata para analis. Ukraina juga pernah memasok senjata ke Hanoi dan ikatan budaya menyebabkan banyak orang Vietnam belajar di Ukraina sehingga membentuk diaspora yang besar. Vietnam telah memberikan bantuan kemanusiaan ke Ukraina melalui organisasi internasional selama perang.

Namun, Vietnam melewatkan pertemuan puncak perdamaian Ukraina pekan lalu dan abstain pada empat resolusi Majelis Umum PBB yang mengutuk invasi Rusia ke negara tetangganya. Mereka juga memilih menentang keluarnya Moskow dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB.

“Vietnam mengarahkan kebijakan luar negerinya berdasarkan warisan sejarah dan kepentingannya sendiri – Vietnam ingin menunjukkan bahwa Vietnam mampu menerima pemimpin Tiongkok, Amerika, dan Rusia dan tidak masalah berteman dengan siapa pun – ini adalah diplomasi multidimensi,” Le Thou ditambahkan.

6. Hanoi Menerapkan Diplomasi Bambu



Foto/AP

Puncak dari fleksibilitas tersebut, yang oleh beberapa ahli disebut sebagai “diplomasi bambu”, terjadi tahun lalu ketika Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping mengunjungi negara tersebut.

Bambu, yang tumbuh secara luas di Vietnam, dikenal karena kemampuannya untuk membengkok sesuai kebutuhan – tanpa patah – yang berfungsi sebagai metafora kebijakan luar negeri negara tersebut.

AS adalah mitra dagang utama Vietnam dan tidak menyambut baik kunjungan Putin.

“Tidak ada negara yang boleh memberikan platform kepada Putin untuk mempromosikan perang agresinya dan membiarkannya menormalkan kekejamannya,” kata juru bicara Kedutaan Besar AS di Hanoi kepada kantor berita Reuters. “Jika dia bisa bepergian dengan bebas, hal ini dapat menormalkan pelanggaran terang-terangan Rusia terhadap hukum internasional,” tambah mereka.

Kunjungan ke Vietnam merupakan peristiwa langka ketika Putin melakukan perjalanan ke luar Rusia sejak Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapannya atas dugaan kejahatan perang di Ukraina. Surat perintah tersebut berarti bahwa setiap pihak yang menandatangani ICC mempunyai kewajiban untuk menangkap presiden Rusia jika ia masuk ke wilayah mereka. Vietnam bukan anggota ICC.

7. Bermain Manis di Belakang China

Ketika perang di Ukraina memasuki tahun ketiga, ketergantungan politik dan ekonomi Moskow pada China semakin dalam. Hal ini relevan dengan Vietnam, yang sedang berselisih dengan China di Laut China Selatan. Beijing mengklaim hak yurisdiksi atas sumber daya maritim di wilayah tertentu di Vietnam yang kaya akan cadangan minyak dan gas.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More