Urutan 5 Negara Pertama yang Melegalkan Pernikahan Sesama Jenis, Salah Satunya Negara Afrika

Rabu, 19 Juni 2024 - 15:41 WIB

4. Spanyol

Laporan dari U.S. News menyebutkan jika dorongan untuk melegalkan pernikahan sesama jenis di Spanyol sebagian besar dimulai pada tahun 2004 di bawah pemerintahan yang dipimpin oleh Perdana Menteri Jose Luis Rodriguez Zapatero.

Tahun berikutnya, parlemen negara tersebut mengesahkan rancangan undang-undang pada akhir Juni 2005 dan undang-undang tersebut secara resmi mulai berlaku pada awal Juli.

5. Afrika Selatan

Afrika Selatan menjadi negara Afrika pertama yang melegalkan pernikahan sesama jenis, sekaligus menjadi satu-satunya negara di benua Afrika yang melegalkan pernikahan tersebut. Parlemen Afrika Selatan melegalkan pernikahan sesama jenis pada akhir November 2006.

Diresmikannya undang-undang ini membuat sejumlah kecaman dari beberapa pihak. Misalnya seperti pemimpin gereja di Nigeria mengecam tindakan tersebut sebagai tindakan “setan”. Meski begitu, kelompok hak asasi gay di Eropa memuji Afrika Selatan sebagai contoh kemajuan yang cemerlang.

Itulah lima negara pertama yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Setelah kelima negara tersebut, mulai muncul negara-negara lain yang melegalkan pernikahan sesama jenis seiring maraknya aksi LGBT di seluruh dunia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More