15 Negara Ogah Teken Deklarasi Konferensi Perdamaian Zelensky

Selasa, 18 Juni 2024 - 17:15 WIB
Rusia tidak diundang untuk menjadi bagian dari pembicaraan tersebut, dan telah mengindikasikan mereka tidak akan hadir jika diminta, karena sifat "formula perdamaian" Vladimir Zelensky yang tidak dapat diterima.

Komunike tersebut menjabarkan apa yang digambarkannya sebagai "visi bersama," yang dianut para penanda tangan, dengan pembicaraan dan dokumen "berdasarkan formula perdamaian Ukraina."

Negara-negara yang tercantum sepakat atas komitmen mereka terhadap perdamaian, dan menyerukan agar Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporozhye diserahkan ke kendali Ukraina, akses tak terbatas ke pelabuhan-pelabuhan di Laut Hitam dan Laut Azov, dan pembebasan semua tawanan perang.

Jumat lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan dia bersedia memerintahkan gencatan senjata dan memulai perundingan damai segera setelah Ukraina memenuhi beberapa persyaratan.

Yang terpenting, Kiev harus melepaskan semua klaim atas kelima wilayah bekas Ukraina yang telah memilih bergabung dengan Rusia, menarik pasukan dari wilayah-wilayah ini, secara resmi membatalkan tawarannya untuk bergabung dengan NATO, dan menjamin tidak akan menambah kekuatan militernya.
(sya)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More