8 Alasan Orang Masih Menghindari Angka 13, dari Takhayul hingga Mitologi

Kamis, 13 Juni 2024 - 12:12 WIB
Rumah bernomor 13 biasanya lebih murah, padahal di masa lalu beberapa dewan sebenarnya melarang pembangunan perumahan baru menggunakan nomor tersebut karena warga tidak suka tinggal di sana.

2. Hanya Takhayul?

Sarah Thomas dari Grangetown di Cardiff melihat menara di situs Brains ketika dia keluar dari kantornya di Network Rail di dekatnya.

“Ini menggelitik rasa ingin tahu saya ketika saya melihatnya hilang,” katanya. “Saya memang berasumsi bahwa hal ini hanyalah takhayul, namun saya mencari di Google untuk memastikannya dan baru kemudian menyadari betapa luasnya praktik tersebut. Cukup banyak teman yang mengatakan bahwa mereka pernah berada di dalam gedung atau lift yang tidak memiliki angka 13 – jelas saya perlu melakukannya mengunjungi beberapa bangunan yang lebih tinggi."

Dia menggambarkan dirinya sebagai orang yang tidak percaya takhayul namun merasa beberapa kebiasaan berasal dari akal sehat, dan menambahkan: "Saya lebih suka tidak berjalan di bawah tangga jika memungkinkan, untuk menghindari risiko cedera.

“Saya menganggap sejarah di balik takhayul menarik karena memberi kita wawasan tentang bagaimana orang menghubungkan peristiwa tertentu dengan aktivitas sehari-hari.”

Beberapa bangunan paling terkenal di Inggris masih mempertahankan takhayul.

Ketika Canary Wharf di London dibangun kembali dan menara One Canada Square yang khas dibangun pada tahun 1990 - yang pada saat itu merupakan gedung tertinggi di Inggris - pintunya dibuka tanpa lantai 13 dan tetap sama hingga saat ini.

Dan jika Anda ingin mencoba salah satu dari 32 pod London Eye, Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa Anda dapat memesan nomor 33. Yang tentu saja menggantikan nomor 13 yang hilang.

3. Dipengaruhi Doktrin Agama

Melansir BBC, kebijaksanaan konvensional menyalahkan sejumlah sumber atas dugaan nasib buruk 13.

Salah satunya terkait dengan agama Kristen - ada 13 orang pada perjamuan terakhir Yesus Kristus yang terjadi tepat sebelum dia dikhianati oleh Yudas Iskariot, orang ke-13 yang duduk, dan ditangkap karena penodaan agama.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More