Mahathir Mohammad: Saya Tidak Korupsi, Sebagian Besar Uangnya Justru Hilang

Rabu, 12 Juni 2024 - 18:04 WIB
Mahathir Mohammad mengklaim sebagian besar uangnya justru hilang. Foto/Reuters
KUALA LUMPUR - Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad membantah terlibat dalam korupsi. Dia mengatakan bahwa ia memperoleh uang dari gajinya selama karier politiknya selama puluhan tahun. Dia mengakui sebagian besar uangnya “sekarang hilang”.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Al Jazeera, Mahathir, yang sedang diselidiki oleh badan antikorupsi negara itu, mengecam Perdana Menteri saat ini Anwar Ibrahim atas pernyataan yang menyiratkan bahwa ia telah menggunakan masa jabatannya untuk memperkaya dirinya dan keluarganya.

“Saya penasaran karena saya belum pernah melihat uang ini dan tidak tahu di mana uang itu berada. Jika saya yang mengambil uang itu, beritahu pengadilan bagaimana Anda [Anwar] menyimpulkan bahwa saya yang mengambil uang itu,” kata Mahathir, 98, yang sedang mengajukan tuntutan pencemaran nama baik sebesar 150 juta ringgit ($32 juta) terhadap anak didiknya yang menjadi saingannya.



Mahathir, yang memimpin Malaysia dari tahun 1981 hingga 2003 dan kembali dari tahun 2018 hingga 2020, mengatakan dia bersedia pergi ke Swiss bersama Anwar untuk mencari bank tempat dia bisa menyimpan uangnya.

“Jika kita bisa menemukan bank seperti itu, saya akan menarik 100 persen uangnya dan memberikannya kepada orang Melayu,” kata Mahathir.

Mahathir juga menuduh Anwar mengincar dua putra sulungnya, Mirzan Mahathir dan Mokhzani Mahathir.

Anwar, yang menjabat sebagai wakil Mahathir pada tahun 1990an, membantah menargetkan saingan politiknya dan mengatakan dia tidak melakukan intervensi dalam proses hukum.

“Seperti yang dia [Anwar] katakan, dia punya file, kotak, dokumen yang menunjukkan saya telah mengambil uang. Tunjukkan, jika Anda memiliki kotaknya, tunjukkan. Namun sampai saat ini, dia belum memperlihatkan [kotaknya]. Sebaliknya, dia mencoba untuk mengabaikan hal tersebut dan sekarang, dia mengejar anak-anak saya, Mokhzani dan Mirzan,” kata Mahathir.

Pada bulan Januari, Komisi Anti Korupsi Malaysia (MACC) memerintahkan Mirzan Mahathir dan Mokhzani Mahathir untuk melaporkan aset mereka sebagai bagian dari penyelidikan yang dipicu oleh kebocoran Pandora dan Panama Papers.

Badan antikorupsi pada bulan April mengkonfirmasi bahwa mereka sedang menyelidiki Mahathir sebagai bagian dari penyelidikan.

Mahathir mengatakan dia tidak mendapatkan keuntungan dari aktivitas bisnis putranya.

“Mereka tidak memberi saya uang dari bisnis mereka,” katanya.

Pemimpin lama Malaysia mengatakan dia melarang putra-putranya melakukan bisnis di negara tersebut ketika dia masih menjabat karena dia tidak ingin dituduh melakukan nepotisme.

“Mokhzani baru sukses berbisnis setelah saya lengser. Selama saya menjadi perdana menteri, dia tidak terkenal sebagai pengusaha sukses. Dia dipekerjakan oleh perusahaan perminyakan karena dia dilatih di bidang itu,” kata Mahathir.

Mengenai sumber kekayaannya, Mahathir mengatakan bahwa ia memperoleh gaji bulanan sebesar 8.000 ringgit (USD1.700) ketika ia pertama kali menjadi perdana menteri, meningkat menjadi 20.000 ringgit (USD4.240) pada saat ia mengundurkan diri pada tahun 2020.

“Bagi saya, itu adalah jumlah yang fantastis… jumlah uang yang sangat besar,” kata Mahathir, seraya menambahkan bahwa ia dibayar 2.000 ringgit (USD420) sebulan ketika ia mulai bekerja sebagai dokter di praktik swasta pada tahun 1950an.

Mahathir mengatakan dia juga diberikan tunjangan, termasuk rumah dan mobil, yang membantunya menghabiskan sedikit waktu selama menjabat.

“Mereka membayar listrik, tagihan air… pemerintah memberi saya transportasi, mobil, dan supir. Saya tidak perlu membayar apa pun,” kata Mahathir.

“Bahkan saat terbang, pesawat-pesawat itu siap membantu saya. Jadi apa yang saya perlukan dalam menjalankan pekerjaan saya sebagai perdana menteri semuanya disediakan oleh pemerintah dan gaji yang saya dapatkan. Saya menyimpannya selama lebih dari 29 tahun – mulai dari menjadi menteri pendidikan hingga pensiun sebagai perdana menteri.”

Pada tahun 2018, Mahathir mengumumkan aset senilai 32,35 juta ringgit (USD6,9 juta).



Mahathir mengatakan bahwa ketika ia pertama kali mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada tahun 2003, ia menolak tawaran pemerintah untuk mendapatkan sebidang tanah gratis di Putrajaya, sebuah kota sekitar 25 km (15,5 mil) selatan Kuala Lumpur.

“Saya bilang tidak, saya tidak ambil tanah gratis. Jadi saya membeli tanah itu. Saya membayar 1 juta ringgit [USD212.000] untuk 5 hektar tanah. Tercatat saya tidak mengambil satu sen pun dari pemerintah,” kata Mahathir.

Mahathir mengatakan dia menghabiskan sebagian besar uangnya setelah pensiun dalam upaya untuk menyingkirkan Perdana Menteri Najib Razak dari kekuasaan ketika skandal keuangan 1MDB yang bernilai miliaran dolar terungkap.

Negarawan senior ini ikut serta dalam pemilihan umum tahun 2018 di bawah bendera Partai Persatuan Pribumi Malaysia, yang ia dirikan setelah meninggalkan kendaraan politik lamanya, UMNO, partai terbesar dalam koalisi Barisan Nasional (BN) yang berkuasa saat itu.

Pada usia 92 tahun, Mahathir memimpin koalisi oposisi Pakatan Harapan meraih kemenangan menakjubkan atas BN, yang telah memerintah negara Asia Tenggara tanpa gangguan sejak kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1957.

Mahathir mengundurkan diri pada tahun 2020 di tengah ketegangan internal dalam pemerintahan PH-nya.

Pada tahun 2022, Anwar terpilih sebagai perdana menteri setelah dua masa jabatan perdana menteri yang berumur pendek di bawah bendera Perikatan Nasional (PN).

“Sayangnya, ketika saya keluar dari pemerintahan dan terlibat dalam politik, saya tidak punya sumber uang lain kecuali uang saya sendiri… Saya menghabiskan sebagian besar uang itu untuk politik,” katanya.

“Partai saya tidak punya uang. Masyarakat tidak menyumbang kepada partai oposisi.”

Mengenai Najib, yang ingin menjalani sisa hukuman enam tahun penjara sebagai tahanan rumah setelah dinyatakan bersalah atas perannya dalam skandal 1MDB, Mahathir mengatakan mantan perdana menteri itu seharusnya tidak menerima perlakuan khusus.

“Tinggal di rumah berarti bebas. Anda tidak keluar rumah, tetapi Anda bebas. Ketika Anda mencuri miliaran dolar dan Anda diperlakukan dengan sangat baik, itu adalah contoh buruk bagi para pemimpin masa depan,” kata Mahathir.

Pada bulan Februari, dewan pengampunan Malaysia mengurangi separuh hukuman penjara Najib menjadi enam tahun dan mengurangi denda 210 juta ringgit (USD60 juta) menjadi 50 juta ringgit (USD10,7 juta).

“Mereka akan mengurangi hukumannya hingga menjadi tidak berarti lagi,” kata Mahathir.

“Ketika Anda memberikan kelonggaran, maaf, pengurangan hukuman setengahnya dan Anda berbicara tentang tahanan rumah, Anda tidak menghukum. Anda memperlakukan orang yang telah mencuri miliaran dolar ini secara berbeda.”
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More