Bagaimana Pengaruh Pengunduran Diri Benny Gantz terhadap Perang Gaza?

Senin, 10 Juni 2024 - 21:06 WIB
Masyarakat Israel tampaknya masih mendukung perang tersebut, meskipun terdapat perpecahan politik, namun hanya sedikit yang yakin bahwa Netanyahu akan mencapai tujuannya untuk “menghancurkan Hamas” dan membebaskan para tawanan melalui cara militer.

Setiap minggu, puluhan ribu orang berkumpul di Lapangan Demokrasi di Tel Aviv dan lokasi lain di seluruh negeri untuk menuntut kesepakatan pertukaran untuk membebaskan para tawanan dan pemecatan Perdana Menteri Netanyahu.

Jajak pendapat menunjukkan Gantz secara konsisten unggul atas Netanyahu dalam jajak pendapat, dan Netanyahu hanya unggul tipis ketika Gantz mengancam akan mundur dari kabinet, yang dianggap tidak patriotik.

Namun pemilu mungkin masih lama, menurut Eyal Lurie-Pardes dari Institut Timur Tengah.

Dia merasa jika Netanyahu dapat mempertahankan koalisinya hingga reses musim panas, undang-undang pemilu akan berarti pemilu tidak dapat dilaksanakan hingga bulan Maret.

6. Menarik Perhatian AS

Tidak ada indikasi bahwa pengunduran diri Gantz, meskipun ia merupakan lawan bicara yang disukai Amerika Serikat, tidak akan mengubah apa pun.

AS dan negara-negara Barat terus memasok senjata dan dukungan diplomatik kepada Israel sejak mereka mulai membom Gaza pada bulan Oktober – mengabaikan tuduhan internasional mengenai “genosida” dan permohonan surat perintah penangkapan internasional terhadap Netanyahu dan Gallant.

Bahkan penolakan nyata terhadap rencana gencatan senjata yang diajukan oleh Biden tidak banyak mengurangi dukungan AS terhadap Israel.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More