Siapa Benny Gantz? Menteri Israel yang Mundur karena Ingin Menggulingkan Netanyahu

Senin, 10 Juni 2024 - 16:16 WIB
Gantz, putra imigran Rumania dan Hongaria yang selamat dari Holocaust, telah mencoba menumbuhkan citra politik yang agresif.

Dia menyerukan kendali militer Israel atas sebagian besar Tepi Barat, yang telah diduduki oleh tentara Israel sejak tahun 1967, serta aneksasi Lembah Yordan.

Ia bergabung dengan tentara pada usia 18 tahun, naik pangkat menjadi jenderal pada tahun 2001 dan menjadi panglima militer pada tahun 2011, ketika ia memimpin dua perang melawan Hamas.

“Dia tidak meninggalkan jejak yang tak terhapuskan pada tentara namun tetap mempertahankan citra stabilitas dan kejujuran,” menurut Amos Harel, reporter pertahanan di harian Israel Haaretz.

Bahkan ketika ia berupaya untuk menyerang kelompok-kelompok Palestina yang bertanggung jawab atas serangan anti-Israel, ia secara bersamaan terlibat dalam diskusi untuk mengatasi “masalah keamanan dan ekonomi” dengan Otoritas Palestina, yang memiliki sebagian kewenangan administratif di Tepi Barat.

Meniti Karier sebagai Prajurit hingga Menjadi Jenderal



Foto/AP

Melansir Al Jazeera, Gantz bergabung dengan tentara pada usia 18 tahun dan naik pangkat menjadi komandan unit komando elit Shaldag Israel. Ia menjabat Kepala Staf Angkatan Darat pada 2011-2015. Selama perang tahun 2014 di Gaza, lebih dari 2.000 warga Palestina terbunuh.

Pada tahun 2018, ia menjadi sasaran gugatan perdata yang menuduhnya melanggar hukum internasional dengan sengaja menargetkan warga sipil. Pengadilan Belanda menolak kasus tersebut.

Gantz meluncurkan Partai Persatuan Nasional yang berhaluan kanan-tengah pada tahun 2019 dengan tujuan eksplisit untuk menyingkirkan Netanyahu dari kekuasaan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More