Israel Sekutu Utama AS tapi Tak Bisa Gabung NATO, Ini 5 Alasannya

Senin, 27 Mei 2024 - 13:16 WIB
Menyertakan Israel dalam NATO dapat mengancam hubungan AS dengan negara-negara Arab yang tidak menyukai Israel.

3. Reaksi Internal NATO



Keanggotaan Israel dalam NATO bisa memicu reaksi negatif dari anggota NATO lainnya, terutama negara-negara yang memiliki hubungan yang buruk dengan Israel atau yang mempertanyakan kebijakan Israel terhadap Palestina. Contohnya; Turki.

4. Tata Kelola Organisasi



Masuknya Israel ke dalam NATO akan membutuhkan perubahan signifikan dalam struktur dan kebijakan organisasi. Ini bisa menjadi proses yang rumit dan membutuhkan konsensus dari semua anggota NATO.

5. Kondisi Geografis



Israel terletak di Timur Tengah, di luar wilayah geografis tradisional NATO yang terutama berfokus pada wilayah Eropa dan Atlantik Utara.

Meskipun negara-negara anggota NATO telah memperluas operasinya ke luar wilayah geografis asalnya, keanggotaan Israel masih merupakan pertimbangan logistik yang signifikan.

Meskipun Israel bukan anggota NATO, negara itu telah mengembangkan hubungan keamanan yang erat dengan banyak negara anggota NATO, terutama Amerika Serikat. Israel juga memiliki perjanjian kerja sama militer dengan beberapa negara NATO dan terlibat dalam berbagai proyek kolaboratif keamanan dengan anggota NATO.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More