Siapa Alejandra Marisa Rodriguez? Kontestan Miss Universe Tertua dalam Sejarah yang Mendobrak Arti Kecantikan

Senin, 27 Mei 2024 - 18:50 WIB
Alejandra Marisa Rodriguez menjadi kontestan Miss Universe tertua. Foto/AP
BUENOS AIRES - Seorang wanita berusia 60 tahun melihat mimpinya menjadi kontestan Miss Universe tertua dalam sejarah sirna dalam kabut payet dan selfie pada hari Sabtu di kontes kecantikan tahunan Argentina.

Alejandra Marisa Rodriguez, seorang penasihat hukum rumah sakit yang masuk ke kompetisi ini disambut baik sebagai kemenangan atas ageisme di dunia yang terobsesi dengan kaum muda, gagal meraih mahkota Miss Argentina. Namun dia berhasil membawa pulang gelar “wajah terbaik”, salah satu dari beberapa kategori kontes termasuk gaun malam terbaik, baju renang terbaik, dan paling elegan.

Selama kontes, dia berterima kasih kepada semua orang yang merayakan kesuksesannya di kompetisi Miss Buenos Aires bulan lalu. Kemenangannya di sana, setelah Miss Universe menghapuskan batasan usia yang berlaku, menimbulkan hebohnya perhatian media global yang mengangkatnya dari ketidakjelasan menjadi ketenaran lokal.



Dalam sekejap, pengacara bersuara lembut dari kota La Plata, selatan Buenos Aires, membagikan tips pelembab kepada para wanita yang berusaha mendapatkan wajahnya yang mulus dan menjanjikan kepada masyarakat bahwa pepatah bahwa usia hanyalah sebuah kebenaran.

Tantangan Baru



Foto/AP

“Sebagai akibat dari apa yang terjadi pada saya, saya yakin sebuah pintu baru telah terbuka bagi banyak orang yang mungkin tidak menjalani hidup dengan mudah,” kata Rodríguez kepada The Associated Press di belakang panggung setelah acara, masih mengenakan gaun koktail merah dengan belahan yang memperlihatkan kakinya. “Itu adalah sebuah petualangan dan saya tidak memiliki ekspektasi apa pun selain menghadapi tantangan baru.”

Untuk bagian pakaian renang dalam kontes Miss Argentina, Rodríguez memilih setelan one-piece sederhana dengan syal menutupi bahunya, membuat penonton bergoyang saat para penggemar bersorak dan meniup terompet.

Namun para juri lebih memilih Magali Benejam, aktris dan model berusia 29 tahun dari Cordoba yang mengenakan bikini biru minim dan stiletto setinggi langit untuk memenangkan “baju renang terbaik” dan akhirnya mengalahkan 27 kontestan lainnya untuk dinobatkan sebagai Miss Argentina.



Tidak Ada Pembatasan Usia



Foto/AP

“Saya sangat senang dan bersyukur berada di sini karena kompetisinya tidak mudah,” kata Benejam kepada AP. Dia akan mewakili Argentina di Mexico City untuk kompetisi global pada bulan November.

Bahkan kemenangan Benejam mustahil terjadi pada tahun lalu, karena kontes tersebut telah lama membatasi usia kontestan yaitu 28 tahun. Tahun ini, untuk pertama kalinya dalam 73 tahun sejarahnya, kontes Miss Universe menyambut peserta mana pun yang berusia di atas 18 tahun.

Ini hanyalah perubahan terbaru dari serangkaian perubahan pada kontes yang telah menjadi pusat kritik feminis sejak protes “pembakaran bra” menjungkirbalikkan kontes Miss America tahun 1968.

Selama beberapa dekade, kontes Miss Universe secara terbuka menggambarkan dirinya sebagai sebuah ekstravaganza wanita yang belum menikah berusia akhir belasan dan dua puluhan yang mondar-mandir di depan juri untuk menilai penampilan dan kepribadian mereka. Karena semakin banyak orang yang menganggap hal ini meresahkan, penyelenggara menyadari betapa jauhnya kontes ini tertinggal dari budaya.

Dampak #MeToo



Foto/AP

Selama beberapa tahun terakhir, ketika #MeToo dan gerakan keadilan sosial melanda dunia, Miss Universe berlomba untuk meyakinkan mereka yang skeptis bahwa Miss Universe lebih mementingkan pikiran dan jiwa daripada tubuh.

Mereka menghilangkan banyak persyaratan kelayakan yang kontroversial, membuka kesempatan bagi perempuan yang sudah menikah, hamil, lesbian dan transgender, dan menghapus semua penyebutan “kecantikan” di situsnya.

Namun, karena kontes tersebut menekankan empati, kepercayaan diri, dan keaslian sebagai cita-cita feminin, penyebutan “wanita muda” tetap berlaku, dan bersamaan dengan itu, larangan terhadap hal-hal yang tidak pantas.

Tetap Menimbulkan Dilema



Foto/AP

Meski banyak perempuan yang memuji keputusan Rodriguez untuk berkompetisi pada usia 60 tahun, ada pula yang mempertanyakan apakah ia menetapkan standar yang tidak masuk akal bagi perempuan yang lebih tua. Wajahnya yang memenangkan penghargaan, sosoknya yang gagah, dan fitur pahatannya membuatnya berbaur dengan kelompok muda di atas panggung.

“Hal ini berkontribusi pada perasaan bahwa setiap orang harus bisa berpenampilan seperti ini, semua perempuan berusia 60 tahun harus memiliki penampilan awet muda dan segar, seolah-olah mereka berusia 25 tahun,” kata Lala Pasquinelli, seorang aktivis feminis Argentina. “Jika tidak, itu karena mereka tidak mau berkorban.”
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More