Su-30SM2 Rusia Dipersenjatai Rudal R-37M, Jet F-16 untuk Ukraina Jadi Target Empuk

Jum'at, 24 Mei 2024 - 08:35 WIB
Media-media Rusia lebih lanjut mengeklaim bahwa satu-satunya analog yang mirip dengan R-37M, menurut sumber terbuka, adalah rudal Amerika AIM-47 Falcon dan AAM-N-10 Eagle. Namun, rudal Amerika ini, dengan jangkauan hingga 200 kilometer, tidak pernah digunakan sebagai standar layanan oleh Angkatan Udara AS.

AIM-120 AMRAAM (Advanced Medium-Range Air-to-Air Missile) Amerika, analog Barat lainnya, memiliki jangkauan yang lebih pendek dibandingkan R-37M. Meskipun dirahasiakan, jangkauan AIM-120D diyakini dapat mencapai sekitar 160 kilometer atau berpotensi mencapai 180 kilometer.

Pilot Ukraina berharap jet tempur F-16 yang akan segera dipasok, dipersenjatai dengan rudal AIM-120 AMRAAM, akan berperan penting dalam melawan Angkatan Udara Rusia.

Sementara itu, ketersediaan pesawat Su-35 yang dilengkapi rudal R-37M juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan militer Rusia dalam mencegat dan menembak jatuh rudal jelajah Storm Shadow/SCALP-EG Ukraina.

Penyebaran luas pesawat tempur Su-30, yang dipersenjatai dengan rudal jarak jauh, di seluruh Angkatan Udara dan penerbangan Angkatan Laut Rusia memperluas kemampuan untuk mencegat sasaran udara.

Sistem penyesuaian radio bawaan R-37M mengurangi kebutuhan koreksi radar terus-menerus oleh pesawat Su-30SM2 pascapeluncuran. Tugas-tugas tersebut telah dengan mudah didelegasikan ke Pesawat Peringatan Dini dan Kontrol Lintas Udara A-50U yang dimodernisasi.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More