Asal-usulnya Mencurigakan, Wali Kota di Filipina Dituduh sebagai Aset China

Minggu, 19 Mei 2024 - 11:30 WIB
Penyimpangan lainnya menimbulkan kekhawatiran mengenai statusnya. Dia hanya mendaftar ke Komisi Pemilihan di Bamban satu tahun sebelum dia mencalonkan diri dan menang sebagai wali kota.

Dia juga mengakui bahwa dia baru mendaftarkan akta kelahirannya pada pihak berwenang setempat pada usia 17 tahun dan memberikan sedikit rincian tentang latar belakangnya selain dia dilahirkan di sebuah rumah dan bersekolah di rumah di kompleks keluarga tempat mereka beternak babi.

Para senator menuduh Guo memberikan jawaban yang "tidak jelas" atas pertanyaan mereka tentang latar belakangnya, sehingga menyebabkan seorang senator bertanya apakah Guo aset China.

Dia membalas dengan mengatakan bahwa dia "bukan orang yang memanjakan, bukan pelindung Pogo."

Sekadar diketahui, Beijing dan Manila kembali terlibat sengketa teritorial ketika China mencoba untuk menegakkan kendali atas perairan di sekitar Filipina, yang menyebabkan bentrokan antara Coast Guard China dan nelayan Filipina.

Tahun lalu terjadi serangkaian bentrokan antara dua Coast Guard di dekat Second Thomas Shoal. Pihak berwenang Filipina memprotes penggunaan meriam air dan laser tingkat militer oleh China.

China mengajukan klaim atas Scarborough Shoal pada tahun 2012, setelah itu Filipina secara resmi melancarkan protes yang diajukan ke pengadilan yang didukung PBB. Keputusan tahun 2016 bertentangan dengan China karena menolak klaim Beijing atas dasar sejarah, namun Beijing menolak arbitrase dan hasilnya.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More