5 Strategi Xi Jinping Menggelorakan Perang Dingin Jilid II, Salah Satunya Mendorong Prancis Jadi Superpower

Minggu, 12 Mei 2024 - 20:12 WIB
Macron mengundang Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen untuk bergabung dalam pembicaraannya dengan Xi, untuk menggarisbawahi persatuan Eropa mengenai seruan untuk akses yang lebih besar ke pasar China dan untuk mengatasi keluhan blok tersebut mengenai kelebihan kapasitas kendaraan listrik dan teknologi ramah lingkungan. Pasangan ini juga mendorong Xi untuk mengendalikan penjualan produk dan teknologi ke Rusia yang dapat digunakan untuk tujuan sipil dan militer.

Namun pemimpin China tampaknya hanya menawarkan sedikit konsesi.

2. Mendorong Perdamaian antara Ukraina dan Rusia



Foto/AP

Xi membantah adanya “masalah kelebihan kapasitas” China dan hanya menegaskan kembali seruannya untuk melakukan negosiasi guna mengakhiri perang antara Rusia dan Ukraina. Xi, yang diperkirakan akan menjamu Putin di China akhir bulan ini, mengatakan ia meminta semua pihak untuk memulai kembali kontak dan dialog.



3. Mendorong Prancis sebagai Kekuatan Adidaya



Foto/AP

“Baik perdagangan maupun Rusia tidak dapat dinegosiasikan oleh China. Macron tidak dapat mencapai apa pun [di bidang tersebut],” kata Shirley Yu, ekonom politik dan peneliti senior di London School of Economics di Inggris.

Namun dia berpendapat bahwa kunjungan tersebut akan memperkuat hubungan pribadi Macron dengan Xi, yang merupakan bagian dari strategi pemimpin Prancis untuk menjadikan Prancis sebagai mitra penting bagi semua negara berkembang.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More