Bagaimana Operasi Rahasia Putin Membunuh Musuh-musuhnya di Luar Negeri?

Sabtu, 04 Mei 2024 - 23:23 WIB
Meskipun negara-negara Barat mengusir ratusan mata-mata Rusia dalam tindakan terkoordinasi setelah peracunan Skripal pada tahun 2018 dan invasi ke Ukraina pada tahun 2022, pihak Rusia di luar negeri mengatakan mereka khawatir Moskow masih dapat menjangkau mereka.

5. Musuh Putin Tetap Melanjutkan Perjuangan

Marokhovskaya, jurnalis investigasi di Praha, menerima ancaman anonim, termasuk ancaman yang mengindikasikan pengawasan ketat yang mengatakan, “Kami akan menemukannya di mana pun dia mengajak anjingnya berjalan-jalan.”

Dia dan Dolinina mengatakan kepada AP bahwa mereka mengalami pengamatan serupa di Rusia, termasuk setelah menerbitkan investigasi korupsi yang memenangkan penghargaan di keluarga Putin.

Setelah pindah ke Eropa, Dolinina mengatakan awalnya dia mengira dia mengalami “paranoia terus-menerus.” Namun, ketika dia mendapat ancaman anonim dan diikuti di jalan-jalan Praha, dia menyadari bahwa ketakutannya beralasan.

Tidak ada jurnalis yang memiliki bukti nyata bahwa dinas keamanan Rusia menargetkan mereka, namun mereka yakin data pribadi – informasi penerbangan, nomor paspor dan alamat rumah – dan pengawasan fisik kami kemungkinan besar diatur oleh aktor negara.

“Saya sangat terkejut hal ini terjadi di Eropa,” kata Dolinina.

Meskipun banyak insiden yang dituduhkan Barat kepada Kremlin memicu spekulasi bahwa Moskow masih bisa mengintimidasi warga Rusia di luar negeri, tidak semua orang bisa diam.

“Ini bukan alasan untuk berhenti,” kata Marokhovsky. “Itulah alasan untuk terus bekerja.”
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More