Inilah Satu-satunya Negeri Muslim yang Pernah Mengalahkan Rusia dalam Perang di Era Modern

Selasa, 26 Maret 2024 - 19:30 WIB
Ada sederet faktor yang menjadikan Rusia kalah dalam perang Chechnya pertama. Salah satu yang paling disorot adalah kesalahan perhitungan.

Mengutip Hoover, waktu itu Rusia sepertinya belum paham bahwa pejuang Chechnya berisikan orang-orang yang sangat termotivasi, berani, terampil dalam pertempuran hingga punya rasa kebencian yang membara terhadap Rusia. Selain itu, mereka juga dipimpin Dudaev, jenderal Soviet yang suka berperang.

Analisis intelijen Rusia seharusnya sadar bahwa orang-orang Chechnya akan berjuang keras dan lama melawan penjajah asing.

Namun, kepemimpinan Yeltsin yang tidak tahu banyak tentang orang-orang Chechnya justru membawa negaranya menuju kekalahan.

Di balik kekuatannya yang superior, militer Rusia sebenarnya juga punya kelemahan. Struktur militer dan kekuasaannya masih ringkih, sehingga apabila harus diadu melawan orang-orang pejuang yang memiliki motivasi tinggi dan mahir dalam taktik gerilya, hasilnya bisa berubah.

Demikianlah ulasan mengenai Chechnya, satu-satunya negeri Muslim yang pernah mengalahkan Rusia dalam perang di era modern.

(sya)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More