3 Negara Eropa yang Dulunya Punya Penduduk Mayoritas Muslim

Selasa, 27 Februari 2024 - 17:17 WIB
Mengutip Daily Sabah, Bulgaria memiliki populasi muslim yang sangat besar sebelum kepergian Ottoman pada 1877. Namun, perubahan sejarah dan proses integrasi budaya telah menjadikan pergeseran demografis di negara ini.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab perubahan demografis ini seperti konversi agama, pernikahan antar agama hingga peningkatan kesadaran identitas nasional. Saat ini, penduduk Muslim bukanlah mayoritas di Bulgaria. Menurut sensus 2021, angkanya diperkirakan sekitar 10,7 persen dari total populasi.

3. Spanyol

Pada riwayatnya, Spanyol pernah memiliki populasi Muslim yang sangat besar. Namun, status tersebut telah menghilang pasca penaklukan Katolik.

Mengutip laman The Conversation, Abdallah Muhammad bin Ali selaku Sultan Moor Granada terakhir menyerahkan kotanya kepada Raja Katolik Ferdinand II dan Isabella I pada 2 Januari 1492. Setelah peralihan kekuasan, penguasa baru ingin menghilangkan budaya dan agama Islam di Spanyol.

Pada salah puncaknya, muncul peristiwa pengusiran Moriscos tahun 1609. Kejadian ini merupakan momen pengusiran penduduk Spanyol yang beragama Islam dan Yahudi dari negara tersebut.

Itulah beberapa negara Eropa yang dulunya punya penduduk mayoritas Muslim.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More