Siapa Takeshi Ebisawa? Bos Yakuza Didakwa Menyelundupkan Plutonium

Kamis, 22 Februari 2024 - 14:14 WIB
Bos Yakuza Takeshi Ebisawa menjual plutonium ke berbagai negara.
WASHINGTON - Departemen Kehakiman AS (DOJ) telah mengumumkan dibukanya dakwaan yang mendakwa seorang warga negara Jepang berkonspirasi untuk memperdagangkan bahan-bahan nuklir. Dia adalah bos mafia Jepang bernama Takeshi Ebisawa.

DOJ lebih lanjut mengatakan terdakwa, Takeshi Ebisawa, adalah pemimpin sindikat kejahatan terorganisir transnasional Yakuza. Dia dan rekan terdakwanya, juga seorang warga negara Jepang, diduga menyelundupkan bahan-bahan nuklir, termasuk uranium dan plutonium tingkat senjata, dari Myanmar ke negara-negara lain.

Siapa Takeshi Ebisawa? Bos Yakuza Didakwa Menyelundupkan Plutonium

1. Menjual Senjata Nuklir dan Narkoba

Melansir Newsweek, Ebisawa, 60, dan salah satu terdakwa Somphop Singhasiri, 61, sebelumnya didakwa pada April 2022 dengan pelanggaran perdagangan narkotika internasional dan senjata api, kata kantor Damian Williams, pengacara AS untuk Distrik Selatan New York. Keduanya sebelumnya mengaku tidak bersalah atas dakwaan tersebut, dan orang-orang tersebut dijadwalkan akan didakwa atas dakwaan baru pada hari Kamis.



“Terdakwa dituduh berkonspirasi untuk menjual senjata nuklir dan narkotika mematikan dari Myanmar, dan membeli persenjataan militer atas nama kelompok pemberontak bersenjata,” kata Asisten Jaksa Agung Matthew G. Olsen dari Divisi Keamanan Nasional Departemen Kehakiman dalam sebuah pernyataan. Siaran pers DOJ pada hari Rabu.

Olsen menambahkan: "Sungguh mengerikan membayangkan konsekuensi jika upaya ini berhasil dan Departemen Kehakiman akan meminta pertanggungjawaban mereka yang memperdagangkan materi ini dan mengancam keamanan nasional AS dan stabilitas internasional."



2. Memimpin Yakuza yang Beroperasi di Seluruh Dunia

Melansir Newsweek, tidak banyak informasi yang dipublikasikan tentang kehidupan Ebisawa, selain klaim dakwaan bahwa dia adalah pemimpin Yakuza, yang digambarkan dalam dokumen tersebut sebagai "jaringan kriminal transnasional Jepang yang sangat terorganisir dan beroperasi di seluruh dunia."

“Aktivitas kriminal Ebisawa mencakup perdagangan narkotika dan senjata berskala besar, dan jaringan kriminal internasionalnya meluas hingga Asia, Eropa, Amerika Serikat, dan tempat-tempat lain,” kata dakwaan tersebut.

Newsweek menghubungi Kedutaan Besar Jepang di Washington, D.C., melalui email pada Rabu malam untuk memberikan komentar.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More