6 Alasan DPR AS Memakzulkan Menteri Keamanan Dalam Negeri

Kamis, 15 Februari 2024 - 12:12 WIB
Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Alejandro Mayorkas dimakzulkan DPR. Foto/Reuters
WASHINGTON - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) dengan tipis memilih untuk memakzulkan Menteri Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas. Itu terjadi setelah politisi Partai Republik menyalahkannya atas kedatangan migran dan pencari suaka yang belum pernah terjadi sebelumnya di perbatasan AS-Meksiko.

Mayorkas dituduh “dengan sengaja menolak” penegakan hukum perbatasan dan “pelanggaran kepercayaan publik”. Ini adalah pertama kalinya dalam 150 tahun seorang sekretaris kabinet dimakzulkan. Tuduhan terhadapnya kemungkinan besar akan ditolak oleh Senat yang mayoritas anggotanya Partai Demokrat.

6 Alasan DPR AS Memakzulkan Menteri Keamanan Dalam Negeri

1. Adanya Perbedaan Pendekatan dalam Keamanan Perbatasan antara Demokrat dan Republik



Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, pemakzulan ini merupakan puncak dari serangan Partai Republik selama berbulan-bulan terhadap Mayorkas dan Partai Demokrat atas penanganan keamanan perbatasan mereka. Lebih dari enam juta pengungsi dan migran telah tiba di AS sejak tahun 2021, menjadikan imigrasi sebagai isu utama dalam pemilihan presiden mendatang yang dijadwalkan pada bulan November.



Partai Republik menuduh pemerintahan Biden mengabaikan kebijakan keamanan perbatasan Trump yang mereka anggap menghalangi migran. Mereka juga menunjukkan bahwa kebijakan pemerintahan Biden telah menarik minat para migran.



2. Puncak Perselisihan antara Presiden dan Gubernur Texas



Foto/Reuters
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More