10 Negara Memberlakukan Wajib Militer Berskala Besar

Minggu, 11 Februari 2024 - 19:19 WIB
Melansir Insider Monkey, semua pria berusia antara 18 dan 60 tahun berpotensi diwajibkan wajib militer sesuai dengan aturan wajib militer yang baru setelah Rusia menginvasi negara itu pada Februari 2022. Hal ini memungkinkan Angkatan Bersenjata Ukraina untuk mengisi kesenjangan dalam barisan yang ditinggalkan oleh korban jiwa.

Wajib militer telah lama dipraktikkan di Ukraina. Ketika sistem ini dihapuskan pada tahun 2013, diperkirakan 40% tentara Ukraina adalah wajib militer. Layanan wajib militer diaktifkan kembali setahun kemudian setelah Rusia mencaplok Krimea.

4. Israel



Foto/Reuters

Melansir Insider Monkey, semua warga negara Israel yang beragama Yahudi, Sirkasia, atau Druze diharuskan untuk bertugas di Angkatan Pertahanan Israel (IDF) sebagai bagian dari dinas wajib militer. Laki-laki yang wajib militer diharapkan mengabdi minimal 32 bulan, sedangkan bagi perempuan masa dinas minimal 24 bulan.

Warga Arab Israel, wanita beragama, dan warga negara yang secara medis tidak sehat dibebaskan dari wajib militer. Wajib militer diperkenalkan di Israel sejak deklarasi kemerdekaannya pada tahun 1948.

5. Rusia

Karena banyaknya korban jiwa di Ukraina, pemerintah Rusia tahun lalu mengumumkan peningkatan personel angkatan bersenjatanya sebesar 30% menjadi 1,5 juta tentara. Mulai tahun 2024, pria mana pun yang berusia antara 18 dan 30 tahun, dapat dipanggil berdasarkan sistem wajib militer untuk bertugas di militer setidaknya selama 12 bulan. Mereka yang menerima pemberitahuan juga akan dilarang meninggalkan negara tersebut selama masa tugas mereka yang ditentukan oleh pemerintah Rusia.

6. Iran

Melansir Insider Monkey, semua pria Iran yang berusia di atas 19 tahun dan sehat wajib menjalani wajib militer. Wajib militer pertama kali diperkenalkan pada masa pemerintahan Reza Shah Pahlavi, dan berlanjut setelah Revolusi Islam tahun 1979.

7.Taiwan



Foto/Reuters

10% dari 188.000 kekuatan militer Taiwan terdiri dari wajib militer. Pemerintah mengumumkan peningkatan durasi wajib militer dari 4 bulan menjadi 12 bulan mulai tahun 2024, karena meningkatnya tekanan militer dan diplomatik dari Tiongkok.

8. Brasil



Foto/Reuters

Melansir Insider Monkey, wajib militer diwajibkan di Brasil bagi semua pria berusia antara 18 dan 45 tahun. Warga negara Brasil yang tinggal di luar negeri juga diharapkan mendaftarkan diri di konsulat atau kedutaan terdekat sebelum tanggal 30 Juni pada tahun mereka menginjak usia 18 tahun. Durasi wajib militer biasanya berlangsung selama 12 bulan setelahnya. wajib militer telah dirancang.

9. Turki



Foto/Reuters

Turki terletak tepat di tengah-tengah Timur Tengah, Kaukus, dan Balkan – beberapa wilayah paling tidak stabil di dunia. Oleh karena itu, untuk menjaga kemerdekaan nasional, undang-undang Turki mewajibkan semua warga negara laki-laki berusia antara 20 dan 41 tahun untuk melakukan wajib militer, kecuali mereka tidak sehat atau cacat. Durasi wajib militer bervariasi dari 6 hingga 12 bulan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More