12 Profil Partai Politik yang Meramaikan Pemilu Pakistan 2024

Sabtu, 03 Februari 2024 - 19:19 WIB
Banyak partai yang mengikuti pemilu parlemen di Pakistan. Foto/Reuters
ISLAMABAD - Pada Kamis (8/2/2024), Pakistan , negara berpenduduk hampir 250 juta orang, akan memilih pemerintah nasional dan anggota Majelis Nasional, majelis rendah parlemen.

Pemungutan suara tersebut dilakukan di tengah tindakan keras terhadap partai mantan Perdana Menteri Imran Khan, Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI), dan iklim politik yang berubah-ubah.

Seperti kebanyakan negara demokrasi besar, partai politik di Pakistan memiliki spektrum ideologi yang beragam.

12 Profil Partai Politik yang Meramaikan Pemilu Pakistan 2024

1. Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PMLN)



Foto/Reuters



Melansir Al Jazeera, Liga Muslim Pakistan-Nawaz, sebuah partai berhaluan tengah yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif, berkuasa untuk ketiga kalinya pada tahun 2013 dengan perolehan suara mayoritas.

Namun Sharif, 74 tahun, dicopot dari jabatannya pada tahun 2017 karena tidak dapat menyelesaikan masa jabatannya karena serangkaian tuduhan korupsi terhadapnya. Bersama putrinya, Maryam, ia dijatuhi hukuman penjara selama 10 tahun pada tahun 2018, beberapa hari sebelum pemilu nasional terakhir.

Shehbaz Sharif, 72 tahun, adik laki-laki Nawaz dan mantan ketua menteri dari kubu politik partai, Punjab, menjabat sebagai perdana menteri pada tahun 2022. Hal itu terjadi setelah PMLN, sebagai bagian dari aliansi yang dikenal sebagai Gerakan Demokratik Pakistan (PDM), digulingkan. Khan dan pemerintahannya dalam mosi tidak percaya. Khan berkuasa pada tahun 2018.

Pendukung Shehbaz sering memanggilnya “Kecepatan Shehbaz” karena energinya dan gaya penyampaiannya yang cepat pada proyek infrastruktur, seperti proyek Bus Metro di Lahore.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More