Apa yang Dilakukan Ribuan Pasukan AS di Timur Tengah?

Kamis, 01 Februari 2024 - 17:17 WIB
Ribuan tentara AS ditempatkan di Timur Tengah. Foto/Reuters
WASHINGTON - Tiga tentara AS tewas dan puluhan lainnya luka-luka setelah sebuah pesawat tak berawak menghantam pos militer di Yordania , yang dikenal sebagai Tower 22, pada Minggu. Lokasi tersebut hanyalah salah satu dari banyak pangkalan AS di Timur Tengah.

Kehadiran banyak pasukan AS di Timur Tengah tidak lepas karena kawasan tersebut kerap mengalami gejolak perang dan konflik yang tidak tuntas hingga kini. Persaingan antara Iran dan Arab Saudi yang didukung AS juga menjadi salah satu latar belakangnya, selain karena faktor minyak bumi.

Apa yang Dilakukan Ribuan Pasukan AS di Timur Tengah?

1. Sudah Ada Sejak Beberapa Dekade



Foto/Reuters

Melansir Rueters, AS telah mengoperasikan pangkalannya di Timur Tengah selama beberapa dekade. Pada puncaknya, terdapat lebih dari 100.000 tentara AS di Afghanistan pada tahun 2011 dan lebih dari 160.000 personel di Irak pada tahun 2007.



Meskipun jumlahnya jauh lebih rendah setelah penarikan diri dari Afghanistan pada tahun 2021, masih ada sekitar 30.000 tentara AS yang tersebar di seluruh wilayah tersebut. Selain itu, sejak perang Israel-Gaza dimulai pada bulan Oktober, AS untuk sementara waktu telah mengirimkan ribuan pasukan tambahan di wilayah tersebut, termasuk dengan kapal perang.



2. Pangkalan Militer AS Terbesar di Qatar



Foto/Reuters
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More