5 Fakta Bahrain, Satu-satunya Negara Arab yang Gabung Koalisi AS Melawan Houthi

Rabu, 20 Desember 2023 - 14:27 WIB
Sejak itu, Bahrain dan AS menjalin kerjasama dalam berbagai bidang, seperti perdagangan, pendidikan, kesehatan, dan hak asasi manusia. Namun perlu diketahui jika aspek penting dari hubungan Bahrain dan AS adalah kerjasama pertahanan.

3. Menjaga Laut Merah



Bahrain mungkin khawatir dengan ancaman Houthi terhadap keamanan maritim di Laut Merah, yang merupakan jalur pelayaran penting bagi perdagangan global dan minyak. Laut Merah adalah salah satu rute terpenting di dunia untuk pengiriman minyak dan bahan bakar.

Dilansir dari laman Military, Houthi telah meningkatkan serangan mereka, menggunakan drone dan roket terhadap kapal-kapal milik asing. Serangan Houthi yang dilancarkan dari Yaman menargetkan aliran pasokan antara Asia dan Barat, dan menimbulkan ancaman signifikan terhadap perekonomian global.

4. Mendukung Upaya Perdamaian



Bahrain juga berusaha untuk mendamaikan Houthi dan Yaman, dengan mendukung upaya diplomasi dan dialog antara kedua belah pihak. Bahrain telah berpartisipasi dalam berbagai inisiatif perdamaian regional dan internasional.

Bahrain telah mendesak agar Houthi menghormati resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 2216, yang menyerukan penghentian kekerasan dan penarikan pasukan Houthi dari wilayah Yaman yang diduduki.

5. Mengirim Pasukan Perang



Bahrain telah mengirim pasukan untuk berperang di Yaman, serta melakukan serangan udara terhadap posisi Houthi. Negara ini telah berpartisipasi dalam operasi militer di Yaman sejak tahun 2015.

Bahrain sudah banyak membantu mengirimkan militer baik tentara Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Bahrain juga telah melakukan serangan udara terhadap posisi Houthi di berbagai wilayah Yaman.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More