10 Strategi Iran Menghindari Keterlibatan Langsung dalam Perang Israel-Hamas

Minggu, 22 Oktober 2023 - 20:20 WIB
Iran tidak ingin terlibat langsung dalam konflik di Gaza. Foto/Reuters
TEHERAN - Pada 15 Oktober, Iran mengeluarkan ultimatum publik yang pedas kepada musuh bebuyutannya, Israel: Hentikan serangan Anda terhadap Gaza atau kami akan terpaksa mengambil tindakan, menteri luar negerinya memperingatkan.

Hanya beberapa jam kemudian, misi negara tersebut di PBB melunakkan nada hawkishnya, dengan meyakinkan dunia bahwa angkatan bersenjatanya tidak akan melakukan intervensi dalam konflik tersebut kecuali Israel menyerang kepentingan atau warga negara Iran.

Iran, yang merupakan pendukung lama penguasa Gaza, Hamas, mendapati dirinya berada dalam kebingungan ketika mencoba mengelola krisis yang semakin meningkat, menurut sembilan pejabat Iran yang memiliki pengetahuan langsung tentang pemikiran di kalangan ulama.

Berikut adalah 10 alasan Iran menghindari keterlibatan langsung dalam Perang Gaza.

1. Memperhatikan Strategi Menguasai Timur Tengah yang Telah Dilaksanakan 4 Dekade



Foto/Reuters



Berdiri di pinggir lapangan dalam menghadapi invasi besar-besaran Israel ke Gaza akan secara signifikan menghambat strategi Iran untuk menguasai kawasan yang telah dilakukan selama lebih dari empat dekade, menurut orang-orang tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sensitivitas diskusi di Gaza dengan Teheran.

Namun serangan besar apa pun terhadap Israel yang didukung AS dapat menimbulkan banyak korban di Iran dan memicu kemarahan publik terhadap para pemimpin agama di negara yang sudah terperosok dalam krisis ekonomi, kata para pejabat yang menguraikan berbagai prioritas militer, diplomatik, dan domestik yang sedang dipertimbangkan. oleh pendirian.

2. Hanya Menggunakan Hizbullah sebagai Kepanjangan Tangan



Foto/Reuters
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More