Gulingkan Hamas, AS dan Israel Gagas Pemerintahan Boneka di Gaza

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 18:42 WIB
“Tahap terakhir memerlukan penghapusan tanggung jawab Israel atas kehidupan di Jalur Gaza dan pembentukan realitas keamanan baru,” katanya.

Pada saat yang sama, pemimpin oposisi Israel Yair Lapid menyarankan pada hari Kamis bahwa solusi terbaik untuk Gaza setelah konflik berakhir adalah mengembalikannya ke kendali Otoritas Palestina yang berbasis di Tepi Barat, yang digulingkan oleh Hamas dari daerah kantong tersebut pada tahun 2007.

Sementara itu, Bloomberg melaporkan pada hari Jumat bahwa AS dan beberapa sekutunya di Eropa mendorong Israel untuk menunda operasi daratnya guna mendapatkan lebih banyak waktu guna menjamin pembebasan sandera yang ditahan oleh Hamas, yang telah menangkap sekitar 200 orang sejak kekerasan dimulai.

Pada hari yang sama, para pejabat AS mengonfirmasi bahwa kelompok itu telah membebaskan dua sandera asal AS.

Washington juga dilaporkan memberikan pengaruh yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap rencana operasi darat tersebut, karena khawatir bahwa serangan besar-besaran di Gaza dapat memicu konflik yang lebih luas, sehingga menarik Hizbullah, sebuah kelompok militer Islam yang berbasis di Lebanon dan memiliki hubungan dekat dengan Iran.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More