Siapa Jihad Islam? Sekutu Hamas dalam Perang Melawan Israel

Kamis, 19 Oktober 2023 - 19:00 WIB
Jihad Islam merupakan kelompok pejuang Gaza terbesar kedua setelah Hamas. Foto/Reuters
GAZA - Jihad Islam , sebuah kelompok pejuang Palestina yang merupakan sekutu Hamas dan mengambil bagian dalam serangan terhadap Israel dari Gaza pada 7 Oktober.

Jihad Islam juga membantah tuduhan Israel bahwa mereka berada di balik serangan terhadap sebuah rumah sakit di Gaza yang menewaskan ratusan orang.

Melansir Reuters, Israel dan Palestina saling menyalahkan atas pemboman Rumah Sakit Al Ahli Arab di Kota Gaza pada akhir 17 Oktober.

Israel mengatakan Jihad Islam bertanggung jawab, dan mengatakan bahwa peluncuran roket yang gagal oleh kelompok tersebut menghantam rumah sakit tersebut. Jihad Islam membantahnya, dengan mengatakan bahwa mereka tidak melakukan aktivitas apa pun di atau sekitar Kota Gaza pada saat itu.

Berikut adalah 5 fakta tentang Jihad Islam.

1. Berdiri pada 1970-an



Foto/Reuters



Didirikan pada akhir tahun 1970-an oleh Fathi Shiqaqi dan Abdel-Aziz Odeh, Jihad Islam memperoleh dukungan di kalangan warga Palestina yang kecewa dengan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) pimpinan Yasser Arafat. Shiqaqi dibunuh pada tahun 1995 di Malta, tampaknya oleh agen Israel.



2. Memiliki Tujuan Menghancurkan Israel



Foto/Reuters
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More