Militer Israel Klaim Bunuh Komandan Unit Elit Hamas dalam Serangan Udara

Minggu, 15 Oktober 2023 - 00:45 WIB
Ketegangan meningkat sepekan setelah serangan berdarah Hamas ke Israel.

Israel telah memerintahkan sekitar 1 juta orang mengungsi, termasuk seluruh penduduk Kota Gaza.

PBB dan kelompok bantuan memperingatkan, eksodus seperti itu akan menyebabkan penderitaan yang tak terhitung jumlahnya, sehingga para pasien rumah sakit dan orang-orang lainnya tidak dapat direlokasi.

Juru bicara militer Israel mengatakan pasukannya akan memungkinkan pergerakan yang aman bagi warga Gaza di dua jalan utama di wilayah selatan antara pukul 10:00-16:00.

Keluarga-keluarga dengan mobil, truk, dan kereta keledai yang membawa barang-barang mereka memadati jalan utama menuju ke selatan dari Kota Gaza ketika serangan udara Israel terus menghantam wilayah yang terkepung.

Kantor media Hamas mengatakan pesawat-pesawat tempur menyerang mobil-mobil yang melarikan diri ke selatan, menewaskan lebih dari 70 orang.

Militer Israel mengatakan pasukannya melakukan serangan sementara ke Gaza untuk memerangi pejuang dan memburu sekitar 150 orang, termasuk pria, wanita dan anak-anak yang diculik dalam serangan mengejutkan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan.

Dalam mendesak evakuasi, militer Israel mengatakan pihaknya berencana menargetkan tempat persembunyian bawah tanah Hamas di sekitar Kota Gaza.

Namun warga Palestina dan beberapa pejabat Mesir khawatir Israel pada akhirnya bertujuan mengusir warga Gaza melalui perbatasan selatan dengan Mesir.

PBB meminta Israel membatalkan arahan yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More