Agama Warga Negara Lithuania dan Persentasenya

Kamis, 05 Oktober 2023 - 13:09 WIB
Lithuania adalah negara di wilayah Baltik. Foto/US Department of State
JAKARTA - Agama warga negara Lithuania dan persentasenya menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Tercatat, ada sejumlah kepercayaan berbeda yang dianut populasi negara ini.

Lithuania merupakan sebuah negara di kawasan Baltik, Eropa. Mereka berbagi perbatasan darat dengan Latvia di utara, Belarusia di timur dan selatan, Polandia di selatan, serta Rusia di bagian barat daya.

Mengutip laman US Department of State, Kamis (5/10/2023), populasi Lithuania diperkirakan mencapai 2,7 juta jiwa pada pertengahan tahun 2022. Dari angka tersebut, penduduknya ini menganut beberapa agama yang berbeda. Berikut daftarnya yang bisa diketahui.

Agama Warga Negara Lithuania

1. Katolik



Lithuania memang tidak menetapkan agama resmi negaranya. Maka dari itu, para warga negaranya bebas memilih kepercayaan sesuai keinginan.



Pada kondisinya, Katolik menjadi agama mayoritas warga negara Lithuania. Berdasarkan sensus penduduk yang sempat dilakukan tahun 2021, sekitar 74% warga Lithuania mengaku menganut agama Katolik.

Jika dibandingkan dengan sebaran penganut agama atau kepercayaan lain di Lithuania, angka pemeluk Katolik ini jauh lebih besar, sehingga dianggap sebagai mayoritas.

2. Kristen Ortodoks



Berikutnya ada Kristen Ortodoks. Bagi negara-negara Eropa, sebaran pemeluk agama ini memang cukup banyak ditemui, tak terkecuali di Lithuania.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More