10 Negara Paling Sulit Mendapatkan Kewarganegaraan di Dunia

Jum'at, 22 September 2023 - 06:10 WIB

2. Vatikan



Foto/ jagran josh,

Kota Vatikan, negara berdaulat terkecil di dunia, memiliki populasi yang sangat kecil yaitu sekitar 450 warga. Peraturan kewarganegaraan yang ketat menjadi penyebab kecilnya jumlah ini.

Kota Vatikan hanya memberikan kewarganegaraan dalam tiga keadaan luar biasa: jika seseorang adalah seorang kardinal yang berdomisili di Kota Vatikan atau Roma, menjabat sebagai diplomat yang mewakili Takhta Suci, atau bertempat tinggal di Kota Vatikan karena bekerja di Gereja Katolik.

Kondisi yang sangat spesifik ini menjadikan Kota Vatikan salah satu negara yang paling menantang di dunia untuk mendapatkan kewarganegaraan.

3. Liechtenstein



Foto/ jagran josh,

Terletak di antara Austria dan Swiss, negara mikro Liechtenstein yang makmur, dengan sekitar 40.000 warganya, memerlukan jangka waktu yang panjang untuk memperoleh kewarganegaraan.

Menurut laporan Institut Liechtenstein, pusat penelitian ilmiah dan lembaga akademis di Bendern, Gamprin, Liechtenstein, orang asing harus menjalani masa tinggal minimal 30 tahun sebelum mereka memenuhi syarat untuk mengajukan naturalisasi.

Namun jangka waktu ini dapat dikurangi menjadi 10 tahun melalui persetujuan masyarakat atau perkawinan. Alternatifnya, menikah dengan warga negara Liechtenstein dapat mempercepat prosesnya, sehingga memungkinkan mendapatkan kewarganegaraan hanya setelah lima tahun. Kondisi yang menuntut ini menjadikan Liechtenstein salah satu negara yang paling menantang di dunia untuk mendapatkan kewarganegaraan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More