Mengenal BRI China dan Tujuannya, Strategi Investasi Besar Xi Jinping

Rabu, 02 Agustus 2023 - 12:27 WIB
Standard Gauge Railway (SGR), jalur yang menghubungkan Nairobi dan Naivasha di Kenya. SGR adalah contoh dari proyek BRI China di Kenya. Foto/REUTERS/Thomas Mukoya
JAKARTA - BRI (Belt and Road Initiative) merupakan sebuah strategi pembangunan infrastruktur global dan kerja sama internasional yang dicanangkan oleh pemerintah China. Strategi tersebut mulai dijalankan sejak tahun 2013 silam.

BRI juga dianggap sebagai bagian penting dari kebijakan luar negeri Presiden China Xi Jinping yang ingin menunjukkan peran dan pengaruh negaranya yang semakin besar di dunia. Lantas, seperti apa BRI milik China itu?

Mengenal BRI China dan Tujuannya



Belt and Road Initiative (BRI) adalah sebuah strategi pembangunan global yang diusung oleh China sejak tahun 2013. Tujuan dibentuknya yaitu guna meningkatkan konektivitas dan kerja sama antara China dan lebih dari 150 negara dan organisasi internasional melalui pembangunan infrastruktur dan perdagangan.





Tujuan lain dari BRI adalah agar China dapat mengatasi ketimpangan pembangunan antara wilayah barat dan timur China, serta mengamankan pasokan energi dan sumber daya bagi China.

Sasaran utama BRI yaitu semua negara yang berada di kawasan Asia, Eropa, Afrika, dan Oseania.

Kerja sama yang dicanangkan nantinya melalui dua jalur perdagangan baru, yaitu Silk Road Economic Belt (jalur darat) dan 21st-century Maritime Silk Road (jalur laut).

Sekadar diketahui, BRI merupakan salah satu kebijakan luar negeri dan ekonomi paling ambisius dari Presiden Xi Jinping.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More