Sengitnya Persaingan Jet Siluman AS vs China: Produksi F-35 Turun Jadi 50, J-20 Melonjak 120

Selasa, 25 Juli 2023 - 04:30 WIB
F-35 dan J-20 China adalah satu-satunya dua pesawat tempur dari generasi mereka yang saat ini diproduksi dan dikerahkan di tingkat skuadron.

Kedua pesawat duduk di puncak teknologi penerbangan dengan fitur canggih. Namun, J-20, pesawat tempur bermesin ganda yang lebih besar, lebih cocok untuk misi jarak jauh dan pertempuran udara-ke-udara.

program TR-3 Jet Tempur F-35



Program TR-3 bertujuan untuk meningkatkan tampilan, memori komputer, dan kekuatan pemrosesan F-35.

Ini adalah pendahulu dari standar Block 4 yang lebih ambisius, yang akan meningkatkan kemampuan perang elektronik, pengenalan target, dan daya tembak pesawat tempur.

Upgrade Block 4 akan meningkatkan kapasitas rudal udara-ke-udara internal varian F-35A dan F-35C dari empat menjadi enam rudal. Ini mempersempit kesenjangan dengan J-20, yang dilaporkan dapat membawa hingga delapan rudal di teluk senjatanya yang lebih luas.

Awalnya, F-35 TR-3 pertama dijadwalkan untuk memasuki layanan pada bulan April, tetapi kendala yang tidak terduga telah mendorong tanggal ini kembali ke Desember.

Program F-35 telah mengalami serangkaian kemunduran, menuai kritik dari para pemimpin militer dan sipil. Salah satu masalah yang paling menonjol sejak awal 2022 adalah kinerja mesin F135 yang kurang baik, yang mengakibatkan biaya operasional tambahan miliaran dolar untuk armada Amerika saja dan kemungkinan lebih besar untuk operator internasional karena sebagian besar F-35 dibuat untuk ekspor.

Christopher C. Miller, Menteri Pertahanan terakhir di bawah pemerintahan Donald Trump, menggambarkan F-35 sebagai “monster”.

John McCain, mantan Ketua Komite Angkatan Bersenjata Senat, menyebutnya "contoh buku teks" dari sistem akuisisi pertahanan yang rusak Amerika, dengan menyatakan, "catatan kinerja program F-35 telah menjadi skandal dan tragedi terkait biaya, jadwal, dan kinerja."
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More