Duh, Penjahat Curi Senjata Barat yang Dipasok ke Ukraina

Jum'at, 21 Juli 2023 - 18:52 WIB
Laporan Pentagon menyebutkan pelaku kriminal, tentara sukarelawan dan pedagang senjata mencuri senjata Barat yang dipasok ke Ukraina sebelum akhirnya ditemukan kembali. Foto/Ilustrasi
WASHINGTON - Penjahat, tentara sukarelawan dan pedagang senjata di Ukraina mencuri beberapa senjata dan peralatan yang disediakan Barat untuk pasukanKiev pada tahun lalu sebelum akhirnya ditemukan kembali. Hal itu berdasarkan laporan inspektur jenderal Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) yang diperoleh CNN.

"Plot untuk mencuri persenjataan dan peralatan itu digagalkan oleh dinas intelijen Ukraina dan akhirnya ditemukan kembali," menurut laporan berjudul "Akuntabilitas Peralatan DoD yang Disediakan untuk Ukraina," seperti dikutip dari media yang berbasis di Amerika Serikat (AS) itu, Jumat (21/7/2023).

CNN memperoleh laporan tersebut melalui permintaan Freedom of Information Act. Situs Military.com pertama kali melaporkan berita tersebut.



Tetapi laporan inspektur jenderal mencatat bahwa setelah invasi Rusia ke Ukraina tahun lalu, kemampuan Departemen Pertahanan untuk melacak dan memantau semua peralatan AS yang masuk ke Ukraina, sebagaimana diwajibkan oleh undang-undang di bawah Undang-Undang Kontrol Ekspor Senjata, menghadapi “tantangan” karena kehadiran AS terbatas di negara itu.

Menurut laporan tersebut, yang memeriksa periode Februari-September 2022, Kantor Kerja Sama Pertahanan-Kiev tidak dapat melakukan pemantauan penggunaan akhir yang diperlukan atas peralatan militer yang disediakan Amerika Serikat untuk Ukraina pada TA 2022.

“Ketidakmampuan personel DoD untuk mengunjungi area di mana peralatan yang disediakan untuk Ukraina digunakan atau disimpan secara signifikan menghambat kemampuan ODC-Kyiv untuk melaksanakan pemantauan," laporan itu menambahkan.

Laporan tersebut tertanggal 6 Oktober 2022. Pada akhir Oktober, AS melanjutkan inspeksi di lokasi gudang senjata Ukraina sebagai cara untuk melacak dengan lebih baik ke mana peralatan itu keluar. Departemen tersebut juga telah menyediakan sistem pelacakan kepada Ukraina, termasuk pemindai dan perangkat lunak, kata mantan Wakil Menteri Pertahanan Pentagon untuk kebijakan, Colin Kahl, kepada anggota parlemen pada bulan Februari.

Tetapi laporan itu menggarisbawahi betapa sulitnya pada hari-hari awal perang bagi AS untuk melacak senjata dan peralatan bernilai miliaran dolar yang dikirim ke Ukraina.



Partai Republik mengkritik pemerintahan Biden atas apa yang mereka pandang sebagai kurangnya akuntabilitas atas bantuan miliaran dolar yang masuk ke Ukraina.

Ketua DPR Kevin McCarthy pada awal tahun ini mengatakan bahwa dia mendukung Ukraina tetapi tidak "mendukung cek kosong". Sentimen yang sama telah dibagikan oleh calon presiden dari Partai Republik dan Gubernur Florida Ron DeSantis.

CNN pada April 2022 melaporkan bahwa pemerintahan Biden bersedia mengambil risiko kehilangan jejak senjata yang dipasok ke Ukraina meskipun kurangnya visibilitas, karena mereka menganggapnya penting untuk Ukraina mengalahkan pasukan Rusia.

"Kami memiliki kesetiaan untuk waktu yang singkat, tetapi ketika memasuki kabut perang, kami hampir tidak memilikinya," kata seorang sumber intelijen AS kepada CNN pada saat itu.

"(Senjata) itu jatuh ke dalam lubang hitam besar, dan Anda hampir tidak merasakannya sama sekali setelah beberapa saat," imbuhnya.

Komando Eropa AS mencoba meringankan masalah ini tahun lalu dengan meminta dan mempertahankan tanda terima dari Ukraina, yang Ukraina lakukan dengan "upaya itikad baik" untuk memberikannya, kata laporan itu, mengutip personel EUCOM.

Namun demikian, catatan laporan itu menyebukan bahwa personel tersebut tidak memberikan dokumen yang menguatkan kepada Inspektur Jenderal pada saat penyelidikan selesai.

Kantor Kerjasama Pertahanan-Kiev juga meminta laporan pengeluaran, kerugian, dan kerusakan dari pemerintah Ukraina untuk peralatan yang disediakan AS, kata laporan itu, dan mereka "melakukan upaya untuk mencegah proliferasi ilegal bahan pertahanan yang disediakan oleh Amerika Serikat."



Tetap saja, kata laporan itu, organisasi kriminal berhasil mencuri beberapa persenjataan dan peralatan yang disediakan oleh AS dan sekutunya.

Laporan itu mengatakan pada akhir Juni 2022, sebuah kelompok kejahatan terorganisir yang diawasi oleh seorang pejabat Rusia yang tidak disebutkan namanya bergabung dengan batalion sukarelawan menggunakan dokumen palsu dan mencuri senjata, termasuk peluncur granat dan senapan mesin, dan lebih dari 1.000 butir amunisi.

"Dinas intelijen Ukraina mengganggu plot tersebut," menurut laporan itu.

Pada bulan yang sama, kata laporan itu, dinas intelijen Ukraina juga menggagalkan rencana penyelundup senjata yang bekerja untuk menjual senjata dan amunisi yang mereka curi dari garis depan di Ukraina selatan, serta rencana terpisah oleh penjahat Ukraina yang menyamar sebagai pekerja bantuan yang mencuri rompi antipeluru senilai USD17.000.

Dan pada Agustus 2022, dinas intelijen Ukraina menemukan sekelompok anggota batalion sukarelawan yang mencuri 60 senapan dan hampir 1.000 butir amunisi serta menyimpannya di gudang, "mungkin untuk dijual di pasar gelap".

Laporan tersebut tidak merinci apakah senjata dan peralatan itu milik Amerika, tetapi anekdot tersebut diuraikan dalam bagian yang sangat disunting yang berhubungan dengan pelacakan Ukraina atas persenjataan yang disediakan AS.

Inspektur jenderal Pentagon menulis bahwa beberapa item yang lebih besar seperti rudal dan helikopter lebih mudah dilacak melalui mekanisme intelijen. Namun, item yang lebih kecil, seperti perangkat penglihatan malam, lebih sulit dipantau.

Laporan tersebut pada akhirnya tidak membuat rekomendasi apa pun, mencatat bahwa Departemen Pertahanan AS telah melakukan beberapa upaya untuk mengurangi ketidakmampuan melakukan pemantauan secara langsung.

(ian)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More