10 Negara Paling Unik di Dunia, Didominasi dari Asia

Sabtu, 15 Juli 2023 - 19:25 WIB
Sebagian besar penduduknya mempraktikkan Buddhisme Vajrayana, sebuah denominasi unik yang hanya tersebar luas di Mongolia dan Bhutan. Akibatnya, negara ini memiliki banyak hari libur resmi yang unik, seperti Dashain, Lhabab Duchen, dan Hari Hujan yang Diberkati. Berbeda dengan kebanyakan negara, panahan adalah olahraga paling populer di Bhutan.

Orang-orang di negara ini memiliki perpaduan unik antara keturunan Asia Timur dan Asia Selatan. Ini juga memiliki lebih banyak pria daripada wanita. Tingkat pendidikan dan tingkat melek huruf di Bhutan lebih rendah dari kebanyakan negara.

Sebagian besar penduduknya bekerja di bidang pertanian. Infrastrukturnya juga tidak biasa. Tidak seperti kebanyakan negara, kendaraan melaju di sebelah kiri. Mereka juga menggunakan outlet listrik Tipe D yang hanya umum di beberapa bekas jajahan Inggris.

Bhutan juga merupakan salah satu negara paling bergunung-gunung di dunia. Ini memiliki gunung tertinggi yang belum didaki di dunia, Gangkhar Puensum. Mendaki gunung sepenuhnya dilarang pada tahun 2003, karena kepercayaan spiritual.

Mayoritas negara ini terdiri dari hutan jenis konifera, bersama dengan daerah glasial bervegetasi jarang di dataran tinggi. Karena ketinggian rata-ratanya yang tinggi, iklimnya jauh lebih sejuk daripada negara lain pada garis lintangnya. Meskipun terletak di dekat beberapa negara terpadat di dunia, negara ini hanya memiliki 20 orang per km persegi.

3. Israel

Israel adalah negara Timur Tengah yang berbatasan dengan Laut Mediterania. Menurut data dari Indeks Kesamaan Negara, Israel adalah negara paling unik dalam arti bahwa semua negara lain sangat berbeda darinya. Tunisia dan Yunani adalah dua yang paling mirip, tetapi mereka juga memiliki perbedaan besar.

Israel adalah satu-satunya negara di mana Yahudi adalah agama yang dominan. Alhasil, pemerintahnya memiliki banyak hari libur yang hanya dirayakan secara resmi di Israel, seperti Yom Kippur dan Rosh Hashanah.

Tidak seperti kebanyakan negara lainnya, Hari Buruh dan Tahun Baru tidak dirayakan secara resmi. Meskipun bahasa Ibrani adalah bahasa Semit, mirip dengan bahasa Arab, bahasa ini memiliki tulisan uniknya sendiri. Tidak seperti kebanyakan negara, sebagian besar laki-laki mereka disunat.

Israel memiliki jumlah imigran yang sangat tinggi, dengan banyak yang datang dari Eropa Timur. Negara ini cukup padat penduduknya.

Populasinya membanggakan salah satu persentase lulusan perguruan tinggi tertinggi di dunia. Sangat sedikit orang yang bekerja di bidang pertanian di sana. Israel juga lebih kaya dari kebanyakan negara dan memiliki banyak jutawan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More