Bencana Kapal Selam Terburuk dalam Sejarah, Nomor 1 Terjadi di Indonesia

Jum'at, 23 Juni 2023 - 15:20 WIB
Kapal selam wisata Titanic, Titan, dinyatakan meledak di Samudra Atlantic. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Kapal selam wisata Titanic, Titan, dipastikan meledak dahsyat. Kepastian itu pun mengakhiri pencarian multinasional yang telah dilakukan selama beberapa hari terakhir.

Kapal selam Titan putus kontak dengan operator tur pada hari Minggu saat berada sekitar 435 mil selatan St John's, Newfoundland, selama pelayaran ke kapal karam Titanic di lepas pantai Kanada.

Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) mengumumkan bahwa kapal selam Titan meledak dahsyat dan menewaskan 5 orang yang berada di dalamnya.

Meski kapal selam Titan adalah kapal selam wisata, namun peristiwa ini mengingatkan kembali kepada sejumlah bencana kapal selam terburuk yang pernah terjadi di dunia. Salah satunya terjadi di Indonesia.

Berikut adalah bencana kapal selam terburuk dalam sejarah

1. KRI Nanggala-402





Kapal selam milik TNI Angkatan Laut Indonesia ini hilang pada April 2021 lalu saat sedang melakukan latihan penembakan torpedo di perairan selat Bali.

Terdapat 53 awak di kapal selam tersebut yang terdiri dari 49 anak buah kapal (ABK), 1 komandan satuan dan 3 personel arsenal. Sejumlah negara turut memberikan bantuan dalam upaya pencarian kapal selam buatan Jerman tersebut. Pada 24 April, TNI menyatakan bahwa kapal selam KRI Nanggala 402 tenggelam pada kedalaman 838 meter di perairan Bali. Sebanyak 53 awaknya dinyatakan gugur.

2. ARA San Juan



Pada 15 November 2017, kapal selam diesel-listrik Angkatan Laut Argentina ARA San Juan menghilang saat berpatroli dengan 44 awak di dalamnya. Angkatan laut Argentina kemudian menentukan bahwa suara anomali yang terdeteksi tak lama setelah transmisi terakhir kapal selam itu "konsisten dengan ledakan."
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More