Ceko akan Beli 246 Kendaraan Tempur CV90 dari Swedia

Jum'at, 26 Mei 2023 - 05:15 WIB
Stridsfordon 90 menjadi salah satu andalan Swedia. Foto/Jorchr
STOCKHOLM - Militer Ceko akan membeli 246 Stridsfordon 90, kendaraan tempur Swedia yang di luar Swedia juga dikenal sebagai CV90.

Pembelian itu dilakukan dalam kesepakatan baru yang disetujui oleh negara Eropa Timur tersebut.

Menurut Administrasi Materiel Pertahanan Swedia (FMV), kesepakatan dengan BAE Systems Hagglunds, yang berbasis di kota Ornskoldsvik, akan bernilai lebih dari USD2 miliar.

Perjanjian tersebut juga akan melibatkan kerja sama antar pemerintah dan mengintegrasikan bagian-bagian industri Ceko ke dalam proses pembuatan kendaraan tempur itu.

“Kami menyambut anggota lain dari kolaborasi Grup Pengguna CV90 yang sukses. Ketika beberapa negara menggunakan dan mengembangkan sistem bersama, ini memberikan manfaat besar bagi semua pengguna seperti peningkatan kemampuan, peningkatan ketersediaan, peningkatan peluang untuk kerja sama operasional, dan semuanya dengan biaya lebih rendah,” papar pernyataan Joakim Wallin, kepala Operasi Ekspor FMV.



Republik Ceko akan menjadi negara kesembilan yang mengoperasikan Stridsfordon 90.

Kendaraan tersebut saat ini tersedia di Denmark, Estonia, Finlandia, Belanda, Norwegia, Slovakia, Swedia, dan Swiss.

Swedia juga telah menyumbangkan 50 kendaraan jenis ini ke Kiev dalam konflik yang sedang berlangsung sebagai bagian dari paket senjata besar-besaran yang melibatkan sistem artileri self-propelled, misil, dan amunisi.

Apa itu CV90?

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More