Rudal Hipersonik China Diklaim Mampu Tenggelamkan Kapal Induk Terbaru AS

Kamis, 25 Mei 2023 - 12:14 WIB
Konfrontasi diplomatik atas jalur air yang kaya sumber daya telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir di tengah klaim teritorial yang tumpang tindih antara Beijing dan negara-negara kawasan lainnya.

Saat China memperluas jangkauannya, mengeklaim dan memiliterisasi pulau, terumbu karang, dan bebatuan, Angkatan Laut AS telah meningkatkan kebebasan patroli navigasinya sendiri.

Bersamaan dengan peningkatan kemampuan Angkatan Laut-nya, China juga telah mengembangkan persenjataan misilnya dengan sangat cepat, termasuk teknologi hipersonik.

Menurut bocoran laporan rahasia oleh Direktorat Intelijen Kepala Staf Gabungan AS pada bulan Februari, militer China tiga hari sebelumnya berhasil menguji rudal balistik jarak menengah hipersonik baru yang disebut DF-27.

Dokumen tersebut mengatakan DF-27 memiliki kemungkinan tinggi untuk dapat menghindari pertahanan rudal balistik AS dan dirancang untuk meningkatkan kemampuan Beijing untuk menyerang sebagian besar Pasifik, termasuk wilayah AS di Guam, yang menjadi tuan rumah pangkalan militer strategis.

Juga terungkap bahwa tahun lalu, China mengerahkan versi rudal baru yang dapat menyerang sasaran darat dan kapal, dan bahwa DF-27 memiliki potensi lebih besar sebagai “pembunuh kapal induk” daripada pendahulunya.

Dalam simulasi perang terbaru, para peneliti dari North University of China menyimpulkan bahwa hampir setiap kapal permukaan AS hancur akibat serangan rudal hipersonik dan akhirnya tenggelam.

Namun, Blake Herzinger, pakar Indo-Pasifik dan peneliti pertahanan di Pusat Studi Amerika Serikat, mempertanyakan kesimpulan mereka.

“Meskipun simulator seperti ini mungkin berguna, sampai taraf tertentu, untuk menguji asumsi atau ide, itu sama sekali tidak menjamin hasil tersebut dalam aplikasi. Bagaimanapun, pernyataan seperti menenggelamkan supercarrier dengan dua rudal sangat tidak masuk akal,” kata Herzinger.

Penenggelaman USS America yang dikendalikan pada tahun 2005, katanya, memakan waktu empat minggu dan masih harus ditenggelamkan dengan bahan peledak.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More