Kapal Perang Ivan Hurs Rusia Diserang Drone Speedboat Ukraina di Bosphorus

Kamis, 25 Mei 2023 - 00:01 WIB
Kapal perang Rusia meninggalkan pelabuhan selama latihan angkatan laut, yang dilakukan pasukan Armada Baltik Angkatan Laut Rusia, di Laut Baltik Baltiysk, Wilayah Kaliningrad, Rusia, pada 9 September 2021. Foto/REUTERS
MOSKOW - Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengatakan kapal perang Rusia Ivan Hurs telah diserang speedboat tanpa awak Ukraina di Laut Hitam, saat mendekati selat Bosphorus.

Dalam pernyataan yang diposting di Telegram pada Rabu (24/5/2023), Kemhan Rusia tersebut mengatakan kapal perang tersebut telah melindungi pipa gas TurkStream dan Blue Stream, yang membawa gas dari Rusia ke Turki, sebagian melintasi Laut Hitam.

“Semua kapal musuh dihancurkan oleh tembakan dari persenjataan standar kapal Rusia 140 km timur laut Bosphorus,” ungkap pernyataan Kemhan Rusia.

Salah satu kapal perang yang menonjol di Angkatan Laut Rusia adalah Ivan Hurs. Ivan Hurs adalah kapal perang jenis destroyer yang dimiliki Angkatan Laut Rusia.

Kapal ini merupakan bagian dari kelas Udaloy III dan dirancang untuk melaksanakan berbagai tugas, termasuk pertahanan udara, antisubmarine, dan serangan permukaan.





Ivan Hurs memiliki panjang sekitar 163 meter dengan lebar sekitar 19 meter. Kapal ini memiliki deplasemen penuh sekitar 7.900 ton, memungkinkannya mengangkut berbagai sistem senjata dan peralatan.

Dengan daya jelajah hingga 8.000 mil laut, Ivan Hurs mampu beroperasi di perairan jauh dari pangkalan induk.

Ivan Hurs dilengkapi dengan berbagai sistem senjata modern yang membuatnya menjadi ancaman yang serius di medan tempur. Beberapa sistem senjata yang dimiliki kapal ini antara lain rudal.

Kapal ini dilengkapi dengan peluncur rudal vertikal universal (VLS) yang dapat membawa berbagai jenis rudal, termasuk rudal jelajah anti-kapal, rudal jelajah anti-pesawat, dan rudal jelajah anti-kapal selam. Keberagaman rudal ini memberikan kapal kemampuan serangan yang luar biasa.

Ivan Hurs dilengkapi dengan meriam kaliber besar, termasuk meriam 130 mm dan meriam otomatis kaliber 30 mm. Meriam ini digunakan untuk serangan permukaan dan pertahanan udara jarak dekat.

Kapal ini dilengkapi dengan tabung torpedo yang dapat meluncurkan torpedo anti-kapal selam. Dengan kemampuan ini, Ivan Hurs dapat melawan ancaman kapal selam musuh.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(sya)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More