4 Negara yang Dulunya Luas Sekarang Kecil

Kamis, 18 Mei 2023 - 13:30 WIB
Inggris atau juga disebut dengan Britania Raya kini merupakan negara yang terdiri dari Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Inggris pernah menjadi negara industri pertama di dunia pada abad 19.

5. Bulgaria

Bulgaria pernah menjadi negara besar pada abad 7 hingga 11 tahun biasa disebut dengan Kekaisaran Byzantine. Kemudian, kekaisaran tersebutu bangkit lagi pada 1185 hingga 1422.

Bagaimana nasib Bulgaria saat ini? Bulgaria merupakan negara dengan luas 110 km persegi di Eropa tenggara. Dengan ibu kota Sofia, Bulgaria dikategorikan sebagai negara berkembang dengan pendapatan menengah.

6. Italia

Italia merupakan negara yang dulunya dikenal dengan Romawi. Sejarah mencatat Romawi merupakan salah satu penguasa dunia yang berusia sejak 753 sebelum masehi hingga 1453 masehi. Mereka pernah menjadi bangsa yang menguasai perekonomian, teknologi hingga ekonomi.

"Bangsa Romawi menjadi pedagang asing yang berdagang di banyak negara," ujar Jeffery Spier, pakar sejarah dan barang anti, kepada Getty. "Bangsa Romawi berbagai seni, agama, mitos dan budaya sehingga mereka menjadi negara superpower," tuturnya.

Kini, Italia memiliki luas 301 km persegi dengan penduduk 60 juta. Namun, Italia disebut sebagai negara superpower dalam bidang budaya karena sejarah panjang dan peradaban yang telah dibangunnya.

7. Rusia

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More