4 Negara yang Dulunya Luas Sekarang Kecil

Kamis, 18 Mei 2023 - 13:30 WIB


Foto/Reuters

Turki memiliki sejarah panjang sebagai penguasa panjang ketika Ottoman masih berdiri. Kini, Turki menjadi negara yang mencoba membangun pengaruh di Eropa dan Timur Tengah. Presiden Turki Tayyip Erdogan juga kerap membangunkan imajinasi rakyatnya bahwa Turki merupakan bangsa besar yang pernah menguasai sebagian wilayah dunia.

Kesultanan Ottoman pernah menguasai Eropa selatan, Asia hingga Afrika utara pada abad 14 hingga awal abad 20. Puncak kejayaan Ottoman terjadi ketika dipimpin Sultan Mehmed atau dikenal dengan Muhammad al Fatih yang menaklukkan Konstantinopel pada 29 Mei 1453 dan mengakhiri kekaisaran Bizantium.

Kesultanan Ottoman mengalami kemunduran sejak awal abad 20. Itu dikarenakan adanya gerakan pemberontakan di kalangan anak muda. Selain itu, adanya pemberontakan di kalangan negara-negara Arab pada 1916 yang didukung oleh Inggris.



4. Inggris



Foto/Reuters

Inggris memiliki sejarah panjang sebagai negara besar. Inggris pernah menjadikan Amerika sebagai koloninya sebelum kemerdekaan pada 1783. Sebagai imperial, Inggris pernah menguasai India.Sejarah kelam identik dengan Inggris karena mengekspor 3,3 juta budak dari Afrika ke Amerika utara hingga kepulauan Karibia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More