7 Fakta Menarik Kaliningrad, Situs Senjata Nuklir Rusia yang Mengancam NATO

Kamis, 30 Maret 2023 - 14:42 WIB
Kaliningrad, wilayah Rusia tempat pengerahan senjata nuklir yang jadi ancaman bagi NATO. Foto/REUTERS
JAKARTA - Presiden Vladimir Putin telah mengumumkan bahwa Rusia akan mengerahkan senjata nuklir taktis ke Belarusia di tengah perang Moskow di Ukraina yang semakin memanas.

Keputusan Putin telah dikecam Ukraina, NATO, Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS)—dianggap sebagai retorika berbahaya dan tidak bertanggung jawab.

Mantan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton meyakini Putin kali ini tidak menggertak dengan retorika nuklirnya. Dia lantas menyoroti situs senjata nuklir Rusia di Kaliningrad yang jauh lebih mengancam NATO ketimbang penempatan senjata nuklir di Belarusia.



Kaliningrad merupakan sebuah kota administratif Federasi Rusia yang berada di antara negara Lithuania dan Polandia—keduanya anggota NATO. Kota yang satu ini dikenal sebagai saksi sejarah dalam Perang Dunia II pada pertempuran antara Nazi Jerman dengan Uni Soviet.



7 Fakta Menarik Kota Kaliningrad



Selain bersejarah, Kaliningrad juga memiliki tujuh fakta yang menarik untuk diketahui. Beberapa di antaranya berkaitan dengan ilmu pengetahuan hingga lahirnya tokoh filsafat dunia.

1. Kota Asal Immanuel Kant



Penduduk paling terkenal dari Kota Kaliningrad hingga saat ini adalah Immanuel Kant, seorang filsuf pencerahan Jerman dan salah satu pemikir terpenting dalam filsafat modern.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More